PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CATUR GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KESIUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

Penulis

  • Ni Wayan Yuniasti SD Negeri 1 Kesiut

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3264

Kata Kunci:

Video Pembelajaran, Kahoot, Pendidikan Agama Hindu, Motivasi, Hasil Belajar

Abstrak

Berdasarkan pada data awal, dari 30 orang siswa menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid 19 rendah. Dari 30 siswa hanya 15 orang siswa yang tuntas memperoleh nilai di atas KKM 70. Penelitian ini dirancang dengan Dua Siklus yakni Siklus I dan Siklus II, metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dicapai adalah motivasi belajar siswa meningkat yakni pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 56,25% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa mencapai 66,67% yang berada pada kategori tinggi. Perolehan nilai siswa yang tuntas pada pra siklus hanya 6 orang siswa atau 25 % siswa, pada siklus I setelah menerapkan media video pembelajaran dan Kahoot peningkatan signifikan rata-rata (Mean) pada siklus I dengan angka 70 dan pada siklus II dengan angka 81,42 terdapat peningkatan rata-rata 12,59 poin dimana terdapat peningkatan sebesar 11,42 poin. Penerapan media video pembelajaran dan Khaoot dapat digunakan secara efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dimasa pandemi covid-19  pada  materi Catur Guru di Kelas V SD Negeri 1 Kesiut tahun pelajaran 2020/2021.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Moedjiono. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Hamzah, 2009

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Pres.

Mayer and Richard. 2009. Multimedia Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung:Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Sadirman, Arief. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Sudjana, Nana. 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanu, I Ketut. 2008. Isu-Isu Kontenporer pendidikan Agama Hindu ( Perspektif culture studies). Denpasar : Sari Kahyangan

Usman, M. Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran : Jakarta: Ciputat Pers

Unduhan

Diterbitkan

28.11.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 42 times