PENDEKATAN ETNOPEGAGOGI PADA KEBIJAKAN SALAM OM SWASTYASTU DAN SALIM (CIUM TANGAN) DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 DENPASAR

Penulis

  • Aditya Adnyana Anak Agung SMA Negeri 2 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3044

Kata Kunci:

Karakter, Salam, Salim, Taxonomi, Etnopedagogi

Abstrak

Tulisan ini di latarbelakangi oleh suatu budaya kebijakan positif yang dibangun oleh sebuah sekolah. Dalam sebuah usaha memberikan penanaman karakter dan moderasi beragama dilingkungan sekolah yang heterogen, dibilangan kota Denpasar. Tujuan tulisan ini jauh dari sebuah hegomoni sara. Namun memunculkan suatu pendidikan berkebudayaan yang berdampak positif pada soft skill siswa, sebagai reduksi penguatan adab serta berkesadaran tinggi dalam toleransi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah studi pustaka yang didukung oleh sumber referensi yang relevan. Hal ini terkait dengan kajian teori dan kajian literatur yang menghasilkan gagasan dan mendasari penelitian. Hasil tulisan menunjukan bahwa dampak positif yang diterima oleh peserta didik adalah tidak lepas dari implementasi serta kolaborasi teori pendidikan Taxonomi dan metode belajar etnopedagogi. Bahwa SMA Negeri 2 Denpasar secara cermat mereduksi ranah kognitif dengan kegiatan belajar mengajar, membangun Afektif dari sikap salam anjali Om swastyastu dan salim, serta menanamkan pendidikan karakter Psikomotorik dalam menghormati orang yang lebih tua. Dan di bingkai sempurna dengan ajaran kearifan lokal yang adi luhung. Dengan demikian aplikasi dalam dimensi kurikulum merdeka dalam lingkup P5 terefleksi melalui bertaqwa kepada Tuhan dan berakhlak mulia.

Kata kunci : karakter salam-salim, taxonomi, etnopedagogi

Referensi

Alwasilah, A. C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung-Utara: PT. Kiblat Buku Utama

Dantes, Nyoman. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropaedagogis, Singaraja:Undiksha.

Didik, I Kadek Kardiasa,2011: makalah”Konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan umat Hindu”, Printing. Bali,Denpasar

Daradjat, Zakiah. 2005. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta:Bulan Bintang

Donder, I Ketut. 2007. Acarya Sista : Guru dan Dosen yang bijaksana perspektif Hindu. Surabaya : Paramita.

Gunawan, Heri.2012, Pendidikan Krakter (Konsep dan implementasi). Bandung: Alfabeta

Kadjeng, I Nyoman, dkk. 2005. Sarasamuçcaya, Jakarta:Pustaka Mitra Jaya.

Lickona, Thomas. 199.1 Educating for Character. How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, Thomas. 2004 Character Matters. How To Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essencial Virtues. New York: Bantam Books.

Lickona, Thomas. 2005, Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Ujung Berung Bandung:Nusa Media (Penerjemah Lita S).

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif,afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 155.

Parmajaya, I Putu Gede, 2017, Taksonomi Nilai Berbasis Tri Kaya Parisudha Sebagai Alat Ukur Psikologis (Acuan Bagi Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Proses Pembelajaran), Singaraja: P3m STAHN Mpu Kuturan

Parmajaya, I Putu Gede, 2020. Penanaman Pendidikan Moral Berbasis Kearifan Lokal Dengan Idiologi Tri Hita Karana Dalam Membangun Karakter Para Siswa SMPN Di Kabupaten Buleleng.Jurnal Penelitian Vidya Samhita,e.journalihdn.

Pendit, S. Nyoman, 2005. Percik Pemikiran Vivekananda, Swami, Cendekiawan Hindu Abad ke 19,Jakarta:PT.Penebar Swadaya

Pichard,Michel, 2020. Kebalian, Kontruksi Dialogis Identitas Bali, Palmerah Barat, Jakarta KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Radhakrishnan, 2008. “Religious Truth and Symbolism” dalam “Recovery of Faith”; “Sejarah Filsafat India” oleh Dr. Heinrich Zimmer.

Setiawan Deny, Arafat Lubis Maulana. 2022. Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Persepektif Etnopedagogi : Kencana, Jakarta

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 59

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya ). Jurnal Pendidikan STKIP Muhammadiyah Sorong, 66.

Titib, I Made, Sapariani Ni Ketut, 2006. Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budhi Pekerti, Surabaya:Paramita.

Titib, I Made, 2011.Bahan Ajar Veda, Surabaya:Paramita

Widnyana, I Made 1999 : Pemberdayaan Lembaga Adat Dalam Menghadapi Era Globalisasi, Materi Matrikulasi Pra-Pasca, Program Pasca Sarjana kajian Budaya,Universitas Udayana, Denpasar, 20 juli1999

Wida Kurniasih, https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kebijakan-publik/:2021, di akses 26 juni 2023

Christiana, https://www.kompasiana.com/christianatrisnawati8755/637a2127c76ba0265b495e44/bloom-s-taxonomy-dan-impelementasinya-dalam-kurikulum-merdeka : 20 November 2022 20:06

Resman,https://sman2denpasar.sch.id/index.php/sejarah-sekolah/:2021, diakses 26 Juni 2023

Unduhan

Diterbitkan

01.11.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 66 times