PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA KUIS DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEBATU

Penulis

  • ayu purnama sari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Wayan Sri Prabawati Kusuma Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v6i2.5404

Kata Kunci:

Kata kunci: Problem Based Learning, Media Kuis Interaktif, Bilangan Cacah, Nilai Tempat, Sekolah Dasar

Abstrak

Implementasi pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan media kuis interaktif pada pelajaran matematika topik bilangan cacah dan nilai tempat untuk siswa kelas III SD Negeri 3 Sebatu. Masalah utama yang ditemukan mencakup minimnya penguasaan siswa terhadap konsep posisi nilai dalam bilangan cacah, praktik pembelajaran yang bersifat tradisional, serta terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik minat siswa. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus. Implementasi penelitian berlangsung di SD Negeri 3 Sebatu pada 23 Juli 2025 dengan partisipan 20 siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil belajar. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas siswa, rubrik penilaian pemahaman konsep, dan kuesioner respon siswa terhadap media pembelajaran. Temuan menunjukkan implementasi model Problem Based Learning terintegrasi media kuis menghasilkan dampak yang menggembirakan dengan pencapaian target. Peserta didik memperlihatkan peningkatan signifikan dalam hal semangat belajar dan keikutsertaan aktif, disertai penguasaan konsep bilangan cacah dan nilai tempat yang lebih optimal. Media kuis interaktif membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan menyediakan evaluasi pembelajaran secara langsung. Pendekatan pembelajaran ini berhasil mentransformasi proses belajar dari yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa, meningkatkan kemampuan berpikir analitis, penyelesaian masalah, dan kerjasama antar siswa. Keunggulan penerapan mencakup peningkatan partisipasi aktif peserta didik, penguasaan konsep abstrak melalui permasalahan kontekstual, dan terciptanya atmosfer pembelajaran yang menyenangkan. Saran untuk penelitian mendatang adalah perlunya pelatihan komprehensif bagi pendidik dalam menyusun permasalahan Problem Based Learning yang kontekstual dan pengembangan media kuis dengan variasi yang lebih beragam untuk mengakomodasi gaya belajar siswa yang heterogen.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-03

Cara Mengutip

purnama sari, ayu, & Kusuma, N. W. S. P. . (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA KUIS DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEBATU. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 6(2), 166–176. https://doi.org/10.25078/up.v6i2.5404
Abstrak viewed = 20 times