Analisis Dampak Pemanfaatan Gadget Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Mengwi

Penulis

  • Made Yuristia Hany Bagia Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v6i2.4658

Kata Kunci:

Gadgets, Hindu Religious Education Learning, Religious Character

Abstrak

ABSTRAK 

Pada abad ke-21 ini, digitalisasi dalam berbagai bidang aspek kehidupan termasuk pendidikan. Pada Pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, satu sisi gadget ini dapat membantu namun berdampak pada peserta didik kelas VIII. Adapun rumusan masalah: (1) Bentuk pemanfaatan gadget pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi? (2). Bagaimana dampak menggunakan gadget pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi? (3). Upaya apa saja yang dilakukan guru Agama hindu untuk mengatasi dampak menggunakan gadget pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pemanfaatan gadget, untuk menganalisis dampak penggunaan gadget, untuk menemukan upaya guru Agama Hindu dalam mengatasi dampak penggunaan gadget. Teori yang digunakan yakni: Teori Uses and Gratification, Teori Ketergantungan dan Teori Karakter. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,studi kepustakaan,studi dokumen dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengunakan laptop dan handphone dengan aplikasi WhatsApps, Google, Youtube, Powerpoint, Quizizz dan Google Form. Gadget ini berdampak positif dan negatif pada peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan guru Agama Hindu dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan mengawasi, menegur, memberikan ice breaking, memberikan pengarahan, bekerjasama dengan orang tua dan membentuk karakter religius peserta didik.

Kata Kunci: Gadget, Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, Karakter Religius

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

Made Yuristia Hany Bagia. (2025). Analisis Dampak Pemanfaatan Gadget Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Mengwi . UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.25078/up.v6i2.4658
Abstrak viewed = 12 times