PENERAPAN AJARAN TRI PARARTHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 12 DENPASAR

Penulis

  • I Dewa Ayu Setiyawati Dewa Ayu UHN IGBS Denpasar
  • Ni Wayan Arini Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Nasib Mardika Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v5i2.3875

Kata Kunci:

Kata Kunci : Ajaran Tri Parartha, karakter siswa

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan dasar dari pembentukan etika pada pribadi anak khususnya pada siswa di SMP Negeri 12 Denpasar. Dengan demikian salah satu ajaran yang digunakan untuk dapat membentuk karakter siswa yaitu melalui Ajaran Tri Parartha. Tri Parartha merupakan tiga ajaran yang dapat membentuk karakter anak yaitu terdiri dari Asih, Punia, dan Bhakti. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimanakah bentuk penerapan ajaran Tri Parartha dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 12 Denpasar? (2) Apa sajakah karakter yang terbentuk dari penerapan ajaran Tri Parartha dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 12 Denpasar? (3) Apa kendala dan upaya yang dilakukan dalam penerapan ajaran Tri Parartha dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 12 Denpasar? Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) bentuk penerapan ajaran Tri Parartha yaitu peduli sesama (belas asih), memberikan dukungan emosional kepada teman, peduli lingkungan, beryadnya dengan ikhlas, duta siaga (sayangi dan menjaga), saling berbagi, mengucapkan salam dan sapa kepada guru, dan melaksanakan persembahyangan bersama. (2) karakter yang terbentuk dari penerapan ajaran Tri Parartha, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (3) kendala dalam penerapan ajaran Tri Parartha yaitu karakter siswa yang berbeda-beda, media sosial, faktor ekonomi siswa, penerapan ajaran Bhakti belum maksimal. (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam penerapan ajaran Tri Parartha yaitu memberikan pemahaman dan pendekatan kepada siswa, menggunakan gadget dengan bijak, meningkatkan kesadaran siswa dengan memberikan bantuan seikhlasnya, meningkatkan peran guru dalam memaksimalkan penerapan ajaran bhakti.

Kata Kunci : Ajaran Tri Parartha, karakter siswa

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

Dewa Ayu, I. D. A. S., Arini, N. W., & Mardika, I. M. N. (2024). PENERAPAN AJARAN TRI PARARTHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 12 DENPASAR. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 5(2), 157–165. https://doi.org/10.25078/up.v5i2.3875
Abstrak viewed = 110 times