STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MENGUATKAN SIKAP RELIGIUS DAN SOSIAL SISWA DI SMP WIDHYA BRATA MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v2i1.2648Keywords:
teacher strategy, religious attitude, social attitudeAbstract
Selain cerdas dalam ilmu pengetahuan, setiap siswa juga harus memiliki etika dan moral yang
baik sesuai dengan ajaran dan norma-norma agama yang berlaku. Etika dan moral muncullah
sikap religius dan sosial. Era globalisasi saat ini mengakibatkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan khususnya pada kalangan remaja. Sehingga perlunya suatu strategi yang dapat
menguatkan sikap religius dan sosial pada setiap siswa. Peran guru terutamanya guru
pendidikan Agama Hindu sangat menjadi ujung tombak dalam penguatan sikap religius dan
sosial siswa. Guru Pendidikan Agama Hindu diharapkan mampu untuk membimbing,
memberikan motivasi dan memberikan pencerahan rohani kepada siswa agar memiliki sikap
religius dan sosial yang baik sesuai dengan norma-norma agama yang dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa sikap religius dan sosial siswa yang harus dikuatkan
oleh siswa yaitu taat beribadah, jujur, disiplin, tanggung jawab, sopan dan santun, toleransi dan
perilaku syukur. Dalam menguatkan sikap religius dan sosial siswa adanya kendala-kendala
yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Hindu yaitu dari faktor internal dan faktor
eksternal. Namun, dalam kendala yang dihadapi ada beberapa upaya yang dapat dilakukan
untuk menguatkan sikap religius dan sosial siswa yaitu upaya dari guru pendidikan Agama
Hindu seperti memberikan motivasi dan mendorong siswa untuk melakukan sikap yang baik
sesuai ajaran Agama Hindu, upaya dari siswa yaitu dengan mengikuti arahan dan tuntunan dari
guru, upaya dari sekolah yaitu memantau dan memberikan dukungan yang optimal kepada
siswa, dan upaya dari komite sekolah yaitu dengan memenuhi sarana dan prasarana kegiatan
positif yang dapat menguatkan sikap religius dan sosial siswa seperti kegiatan ekstra kurikuler.