IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDIPEKERTI DENGAN PENDEKATAN DARING PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 10 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v2i1.2645Keywords:
Implementasi, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendekatan DaringAbstract
Agama Hindu di SMP Negeri 10 Denpasar juga melaksanakan pembelajaran secara daring
dengan memanfaatkan berbagai media seperti Whatsapp Group, Zoom Meeting, serta Google
Classroom, dll. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui (1) implementasi pembelajaran
pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan pendekatan daring peserta didik kelas VII
di SMP Negeri 10 Denpasar. (2) kendala yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran
pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan pendekatan daring peserta didik kelas VII
di SMP Negeri 10 Denpasar. (3) upaya yang digunakan dalam implementasi pembelajaran
pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan pendekatan daring peserta didik kelas VII
di SMP Negeri 10 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori konstruktivistik, teori
behaviorisme dan teori pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu guru Agama Hindu dan siswa
kelas VII, metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kepustakaan, dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif
dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1)
implementasi pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan pendekatan
daring meliputi : persiapan dan pelaksanaan pembelajaran (2) kendala dalam implementasi
pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan pendekatan daring meliputi :
akses layanan internet tidak lancar, kedisiplinan siswa, dan kuota terbatas (3) upaya dalam
implementasi pembelajaran pendidikan Agama Hindu dengan pendektan daring meliputi :
penentuan jam pelajaran, kunjungan guru bk, pemberian kuota.