PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA DHARMA PRAJA DENPASAR

Authors

  • Ida Bagus Gede Raditya Oka Dharma Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Ketut Sudarsana, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Gede Anadhi

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v2i1.2642

Keywords:

Pendidikan Agama Hindu,, Teknologi Informasi,, Kreativitas Belajar.

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu adalah upaya
dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa dan meningkatkan kualitas belajar peserta
didik. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas antara lain: 1) bagaimana rancangan dalam
pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi di SMA Dharma Praja
Denpasar? 2) bagaimana penerapan pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi
informasi di SMA Dharma Praja Denpasar? 3) bagaimana dampak penerapan pembelajaran
pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi dalam mengembangkan kreativitas
belajar siswa di SMA Dharma Praja Denpasar? Teori yang digunakan adalah teori
konstruktivisme dan teori behaviorisme. Metode pengumpulan data; observasi dan wawancara.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kulitatif, dengan tiga model yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) rancangan
pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi di SMA Dharma Praja
Denpasar adalah dengan menyusun RPP berbasis TI antara lain: menyusun kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan, materi, model, dan media pembelajaran. 2)
Penerapan pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi di SMA
Dharma Praja Denpasar, dalam penerapannya dilakukan dengan tiga tahap yaitu (a) kegiatan
awal; (b) kegiatan inti; (c) kegiatan akhir. 3) dampak penerapan pembelajaran pendidikan
agama Hindu berbasis teknologi informasi dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa di
SMA Dharma Praja Denpasar yaitu (a) dampak positif; mempermudah guru dalam
menyampaikan materi pembelajaran, mengembangkan kreativitas belajar siswa dalam
mengolah materi pembelajaran menjadi lebih menarik untuk dipelajari; (b) dampak negatif;
keterbatasan guru memperhatikan kegiatan siswa saat proses pembelajar berlangsung dan
jaringan internet yang kurang stabil.

Published

2021-04-01
Abstract viewed = 46 times