IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AJARAN TRI HITA KARANA DI KELAS XI SMAS DHARMAPRAJA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v2i1.2640Keywords:
Pendidikan Karakter, Ajaran Tri Hita KaranaAbstract
Pendidikan karakter dapat diajarkan melalui ajaran Tri Hita Karana sebab merupakan
pondasi awal dalam kontak sosial di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang implementasi pendidikan karakter melalui
ajaran Tri Hita Karana, kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter
melalui ajaran Tri Hita Karana, serta upaya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter
melalui ajaran Tri Hita Karana di kelas XI SMAS Dharmapraja Denpasar. Karya ilmiah ini
menggunakan metode penelitian penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian (1) implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana dimulai
beberapa tahapan yaitu menyusun perencanaan dengan membuat RPP. Tahap pelaksanaan
diawali kegiatan pembelajaran mengucapkan salam dan berdoa, kegiatan inti pembelajaran
yaitu memaparkan materi Tri Hita Karana dan mengimplementasikan pendidikan karakter
melalui hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan
manusia dengan lingkungan, kegiatan diakhiri dengan penutup pembelajaran. Evaluasi
dilakukan untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yaitu menilai hasil tugas
dan pencapain karakter siswa. (2) Kendala dalam implementasi pendidikan karakter melalui
ajaran Tri Hita Karana yaitu kurangnya kedisiplinan siswa dimana ada beberapa siswa yang
tidak mengikuti perintah dari guru dan kurangnya minat belajar siswa saat pembelajaran
berlangsung ada beberapa siswa yang cuek dan acuh terhadap pelajaran. (3) Upaya dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana di kelas XI yaitu
dengan perhatian orang tua siswa, serta pemanfaatan media pembelajaran dapat menambah
minat dan semangat belajar siswa.