Pelatihan Promosi Digital & Foto Produk Menggunakan Smartphone Bagi Tim Kreatif Pojok UMKM Desa Nagasepaha
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2787Kata Kunci:
UMKM, Promosi digital, Foto produkAbstrak
Pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat menggunakan sumber daya internet dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa. Pengguna internet khususnya media sosial terus bertambah setiap tahun dan menjadi peluang dalam mempromosikan produk umkm berbasis digital. Untuk itu, pelaku umkm harus memiliki wawasan dalam promosi digital termasuk memiliki keahlian dalam menciptakan foto produk yang baik dan menarik. Foto produk yang baik dan menarik menjadi salah satu kunci dalam menarik calon konsumen. Desa Nagasepaha merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Buleleng, kabupaten Buleleng, Provinsi Bali yang memiliki umkm dengan produk budaya seperti lukisan wayang kaca, perhiasan dan kerajinan saab. Dalam rangka meningkatkan pemasaran produk, dibentuk tim kreatif Pojok UMKM desa Nagasepaha yang bertugas untuk melakukan promosi berbasis digital. Anggota tim kreatif Pojok UMKM berasal dari generasi muda yang telah terbiasa menggunakan smartphone dan fitur kameranya. Namun berdasarkan hasil wawancara yang diakukan mereka belum mendapatkan pengetahuan tentang promosi digital dan teknik fotografi menggunakan smartphone dan peralatan penunjang berupa mini photo studio box. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dilakukan pelatihan promosi digital dan teknik fotografi dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat baik dengan pemaparan materi dan praktik langsung. Hasil evaluasi yang dilakukan, adalah adanya peningkatan keterampilan peserta untuk menghasilkan foto produk yang baik dan menarik melalui teknik fotografi dan penggunaan alat penunjang mini photo studio box.
Referensi
Asiyah, S., & Rachmadi, K.R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442-448.
Aryani, L., Triwardhani, D., Pusporini. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Melalui Sarana Media Sosial Di Desa Cimarga, Banten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 359-367.
Finaka, A.W., Nurhanisah., & Devina, C. (2023). Orang Indonesia makin melek internet. Diakses 7 Juni 2023 dari https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet
Nugraheny, D., Pujiastuti, A., Sudaryanto., Wintolo, H., Agustian, H., Aryanto, S., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A.S. (2022). Pendampingan pelatihan cara pengambilan foto produk UMKM untuk pemasaran di media social. Kacanegara: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(01), 23-30.
Sidhartani, S., Pratama, D., Raden., A.Z.M.,& Qeis., M.I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180-189.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y. ., & Susetyo, J. . (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025
Tanjung, M. R. (2019). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perlembangan Masyarakat Modern. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 1(2), 224–234.
Yunianto, Irdha. (2021). Teknik fotografi: Belajar dari basic hingga professional. Yayasan Prima Agus Teknik.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y., & Farla, W. (2021). Pembuatan content marketing sebagai strategi menumbuhkan brand awareness bagi pelaku usaha di era pandemic covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89-96.
Xia, F., Hsu, C.-H., Liu, X., Liu, H., Ding, F., & Zhang, W. (2015). The power of smartphones. Multimedia Systems, 21(1), 87–101. https://doi.org/10.1007/s00530-013-0337-x
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.