KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SE-KECAMATAN KALIORANG

KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Budi Rahardjo
  • Yunita Rusdiana
  • Evie Palenewen Universitas Mulawarman
  • Fachrul Rozie Universitasi Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2409

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kendala Guru PAUD, Mengajar Daring , Masa pandemi COVID-19

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak pandemi COVID-19 yang ditinjau dari proses pembelajaran yang dirasakan oleh pendidik PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala internal dan eksternal serta strategi dalam mengatasi kendala mengajar online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru tidak siap dalam mengajar pada masa pandemi karena guru tidak mampu menyediakan seluruh perangkat pembelajaran secara lengkap.(2) Kendala ekternal yang guru rasakan selama mengajar daring, diantaranya kurang berpartisipasi orang tua dalam mendampingi anak, keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana di rumah, dan ketidakstabilan jaringan internet. (3) Strategi yang guru lakukan dalam mengatasi orang tua yang kurang berpartisipasi dalam mendampingi anak belajar di rumah dengan menelfon orang tua, kurangnya fasilitas belajar di rumah, anak dapat mengambil dan mengirimkan tugas ke sekolah, dan keterbatasan jaringan internet dengan mencari tempat yang memiliki jaringgan internet yang stabil. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian tentang ganbaran dari kendala dan setrategi guru dalam mengajar dimasa pandemi COVID-19.

Kata Kunci: Kendala Guru PAUD, Mengajar Daring , Masa pandemi COVID-19

Referensi

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD

dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar

dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru

PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya | Agustin |

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(1).

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-

Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20).

https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Andriani, D., & Iskandar, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Kegiatan

Belajar Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19 di Paud Az Zahra.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(9). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i9.276

Atiles, J. T., Almodóvar, M., Chavarría Vargas, A., Dias, M. J. A., & Zúñiga León, I. M.

(2021). International responses to COVID-19: challenges faced by early childhood

professionals. European Early Childhood Education Research Journal, 29(1).

https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1872674

Anggito, A. dan J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 dan

Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4).

Batmang, B., Sultan, M., Azis, A., & Gunawan, F. (2021). Perceptions of pre-service

teachers on online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal

of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(3).

https://doi.org/10.46328/IJEMST.1595

Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020).

Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education

and Educational Development, 7(1). https://doi.org/10.22555/joeed.v7i1.3260

Daud, M., Irwansyah, R., Ferawati, Sari, D. R., Yuniar, N., Pruwaningrum, J. P.,

Purbasari, I., Lestiawati, I. M., Bawono, Y., Rozie, F., Hasibuan, A. K. H., Angkur,

M. F. M., Hidayati, N., & Ndeot, F. (2021). Media Pembelajaran PAUD Tinjauan

Teori dan Praktis. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Dias, M. J. A., Almodóvar, M., Atiles, J. T., Vargas, A. C., & Zúñiga León, I. M. (2020).

Rising to the Challenge: Innovative early childhood teachers adapt to the COVID-

era. Childhood Education, 96(6).

https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1846385

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19

pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services

Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Gustafsson, J. (2017). Single case studies vs. multiple case studies: A comparative study.

Academy of Business, Engineering and Science Halmstad University, Sweden

Hamaidi, D. A., Arouri, Y. M., Noufa, R. K., & Aldrou, I. T. (2021). Parents’ Perceptions

of Their Children’s Experiences With Distance Learning During the COVID-19

Pandemic. International Review of Research in Open and Distance Learning, 22(2).

https://doi.org/10.19173/irrodl.v22i2.5154

Haramaini, R., & Tandos, R. (2021). Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hak

dan Kewajiban Guru Ra Al Mukhlisin Ujung Krawang. Jumat Pendidikan: Jurnal

….

Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation

of the fundamental learning loss and learning poverty related to COVID-19

pandemic in Mexico. International Journal of Educational Development, 88.

https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102515

Howard-Jones, A. R., Bowen, A. C., Danchin, M., Koirala, A., Sharma, K., Yeoh, D. K.,

Burgner, D. P., Crawford, N. W., Goeman, E., Gray, P. E., Hsu, P., Kuek, S.,

McMullan, B. J., Tosif, S., Wurzel, D., & Britton, P. N. (2022). COVID-19 in

children: I. Epidemiology, prevention and indirect impacts. In Journal of Paediatrics

and Child Health (Vol. 58, Issue 1). https://doi.org/10.1111/jpc.15791

Huang, L., & Zhang, T. (2022). Perceived Social Support, Psychological Capital, and

Subjective Well-Being among College Students in the Context of Online Learning

during the COVID-19 Pandemic. Asia-Pacific Education Researcher, 31(5).

https://doi.org/10.1007/s40299-021-00608-3

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online learning during the covid-19 pandemic:

How is it implemented in elementary schools? Premiere Educandum : Jurnal

Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1).

https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam

Perspektif Kualitatif. CV Budi Utama.

Marek, M. W., Chew, C. S., & Wu, W. C. V. (2021). Teacher experiences in converting

classes to distance learning in the covid-19 pandemic. International Journal of

Distance Education Technologies, 19(1).

https://doi.org/10.4018/IJDET.20210101.oa3

Monica, M. A., & Yaswinda. (2021). Analisis implementasi kurikulum 2013 dimana

pandemi covid-19 di taman-kanak di kecamatan sungai beremas. Jurnal Ilmiah

Potensia, 6(2).

Mubiar Agustin, D. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa

pandemi Covid-19 dan Implikasinya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–

Noor, K. B. M. (2008). Case study: A strategic research methodology. In American

Journal of Applied Sciences (Vol. 5, Issue 11).

https://doi.org/10.3844/ajassp.2008.1602.1604

Pebriantika, L., Wibawa, B., & Paristiowati, M. (2021). Adoption of Mobile Learning:

The Influence and Opportunities for Learning During the Covid-19 Pandemic.

International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(5).

https://doi.org/10.3991/ijim.v15i05.21067

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada

Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M.,

& Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online

learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of

Ethnic and Cultural Studies, 7(2). https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Ridder, H. G. (2017). The theory contribution of case study research designs. Business

Research, 10(2). https://doi.org/10.1007/s40685-017-0045-z

Saidah, T. A. (2020). Upaya Menghadapi Kendala Pembelajaran Daring.

Www.Kompasiana.Com.

https://www.kompasiana.com/tatiajeng/5fc1a8478ede48493d65e6b2/upayamenghadapi-

kendala-pembelajaran-daring

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa

Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih,

T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi

Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353

Shumba, C., Maina, R., Mbuthia, G., Kimani, R., Mbugua, S., Shah, S., Abubakar, A.,

Luchters, S., Shaibu, S., & Ndirangu, E. (2020). Reorienting nurturing care for early

childhood development during the covid-19 pandemic in kenya: A review. In

International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue

. https://doi.org/10.3390/ijerph17197028

Taradita, N. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa

Pandemi COVID 19 di MIN 5 Banda Aceh.

Ulin Nuha, I., Abdul Lathief, M., & Yuliati, N. (2020). Analisis Technological

Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun

di Universitas Jember. Jurnal Edukasi, 7(2).

https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22674

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Rahardjo, B., Rusdiana, Y., Palenewen, E. ., & Rozie, F. (2023). KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SE-KECAMATAN KALIORANG: KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2409
Abstrak viewed = 100 times