KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2409Keywords:
Kata Kunci: Kendala Guru PAUD, Mengajar Daring , Masa pandemi COVID-19Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak pandemi COVID-19 ditinjau dari proses
pembelajaran yang dirasakan oleh pendidik PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kendala internal dan eksternal serta strategi guru PAUD mengajar pada masa
pandemi. Desain penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara tidak terstruktur, dan studi
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan: bahwa, (1) Guru tidak siap dalam mengajar pada masa pandemi karena
guru tidak mampu menyediakan seluruh perangkat pembelajaran secara lengkap,(2)
Kendala eksternal yang guru rasakan selama mengajar daring, diantaranya kurang
partisipasi orang tua dalam mendampingi anak, keterbatasan fasilitas sarana dan
prasarana di rumah, dan ketidakstabilan jaringan internet, (3) Strategi yang guru lakukan
dalam mengatasi orang tua yang kurang berpartisipasi dalam mendampingi anak belajar
di rumah dengan menelepon orang tua, minimnya sarana belajar di rumah, ditangani
dengan strategi home-visit mengantarkan tugas mingguan untuk anak, serta keterbatasan
jaringan internet dengan mencari tempat yang memiliki internet yang stabil. Dengan
demikian, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian tentang gambaran
kendala dan strategi guru dalam mengajar di masa pandemi COVID-19.
References
Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD
dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar
dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru
PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya | Agustin |
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(1).
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-
Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20).
https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Andriani, D., & Iskandar, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Kegiatan
Belajar Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19 di Paud Az Zahra.
Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(9). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i9.276
Atiles, J. T., Almodóvar, M., Chavarría Vargas, A., Dias, M. J. A., & Zúñiga León, I. M.
(2021). International responses to COVID-19: challenges faced by early childhood
professionals. European Early Childhood Education Research Journal, 29(1).
https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1872674
Anggito, A. dan J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 dan
Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4).
Batmang, B., Sultan, M., Azis, A., & Gunawan, F. (2021). Perceptions of pre-service
teachers on online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal
of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(3).
https://doi.org/10.46328/IJEMST.1595
Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020).
Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education
and Educational Development, 7(1). https://doi.org/10.22555/joeed.v7i1.3260
Daud, M., Irwansyah, R., Ferawati, Sari, D. R., Yuniar, N., Pruwaningrum, J. P.,
Purbasari, I., Lestiawati, I. M., Bawono, Y., Rozie, F., Hasibuan, A. K. H., Angkur,
M. F. M., Hidayati, N., & Ndeot, F. (2021). Media Pembelajaran PAUD Tinjauan
Teori dan Praktis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Dias, M. J. A., Almodóvar, M., Atiles, J. T., Vargas, A. C., & Zúñiga León, I. M. (2020).
Rising to the Challenge: Innovative early childhood teachers adapt to the COVID-
era. Childhood Education, 96(6).
https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1846385
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19
pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services
Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Gustafsson, J. (2017). Single case studies vs. multiple case studies: A comparative study.
Academy of Business, Engineering and Science Halmstad University, Sweden
Hamaidi, D. A., Arouri, Y. M., Noufa, R. K., & Aldrou, I. T. (2021). Parents’ Perceptions
of Their Children’s Experiences With Distance Learning During the COVID-19
Pandemic. International Review of Research in Open and Distance Learning, 22(2).
https://doi.org/10.19173/irrodl.v22i2.5154
Haramaini, R., & Tandos, R. (2021). Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hak
dan Kewajiban Guru Ra Al Mukhlisin Ujung Krawang. Jumat Pendidikan: Jurnal
….
Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation
of the fundamental learning loss and learning poverty related to COVID-19
pandemic in Mexico. International Journal of Educational Development, 88.
https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102515
Howard-Jones, A. R., Bowen, A. C., Danchin, M., Koirala, A., Sharma, K., Yeoh, D. K.,
Burgner, D. P., Crawford, N. W., Goeman, E., Gray, P. E., Hsu, P., Kuek, S.,
McMullan, B. J., Tosif, S., Wurzel, D., & Britton, P. N. (2022). COVID-19 in
children: I. Epidemiology, prevention and indirect impacts. In Journal of Paediatrics
and Child Health (Vol. 58, Issue 1). https://doi.org/10.1111/jpc.15791
Huang, L., & Zhang, T. (2022). Perceived Social Support, Psychological Capital, and
Subjective Well-Being among College Students in the Context of Online Learning
during the COVID-19 Pandemic. Asia-Pacific Education Researcher, 31(5).
https://doi.org/10.1007/s40299-021-00608-3
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online learning during the covid-19 pandemic:
How is it implemented in elementary schools? Premiere Educandum : Jurnal
Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1).
https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam
Perspektif Kualitatif. CV Budi Utama.
Marek, M. W., Chew, C. S., & Wu, W. C. V. (2021). Teacher experiences in converting
classes to distance learning in the covid-19 pandemic. International Journal of
Distance Education Technologies, 19(1).
https://doi.org/10.4018/IJDET.20210101.oa3
Monica, M. A., & Yaswinda. (2021). Analisis implementasi kurikulum 2013 dimana
pandemi covid-19 di taman-kanak di kecamatan sungai beremas. Jurnal Ilmiah
Potensia, 6(2).
Mubiar Agustin, D. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa
pandemi Covid-19 dan Implikasinya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–
Noor, K. B. M. (2008). Case study: A strategic research methodology. In American
Journal of Applied Sciences (Vol. 5, Issue 11).
https://doi.org/10.3844/ajassp.2008.1602.1604
Pebriantika, L., Wibawa, B., & Paristiowati, M. (2021). Adoption of Mobile Learning:
The Influence and Opportunities for Learning During the Covid-19 Pandemic.
International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(5).
https://doi.org/10.3991/ijim.v15i05.21067
Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada
Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M.,
& Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online
learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of
Ethnic and Cultural Studies, 7(2). https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Ridder, H. G. (2017). The theory contribution of case study research designs. Business
Research, 10(2). https://doi.org/10.1007/s40685-017-0045-z
Saidah, T. A. (2020). Upaya Menghadapi Kendala Pembelajaran Daring.
Www.Kompasiana.Com.
https://www.kompasiana.com/tatiajeng/5fc1a8478ede48493d65e6b2/upayamenghadapi-
kendala-pembelajaran-daring
Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa
Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804
Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih,
T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi
Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353
Shumba, C., Maina, R., Mbuthia, G., Kimani, R., Mbugua, S., Shah, S., Abubakar, A.,
Luchters, S., Shaibu, S., & Ndirangu, E. (2020). Reorienting nurturing care for early
childhood development during the covid-19 pandemic in kenya: A review. In
International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue
. https://doi.org/10.3390/ijerph17197028
Taradita, N. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa
Pandemi COVID 19 di MIN 5 Banda Aceh.
Ulin Nuha, I., Abdul Lathief, M., & Yuliati, N. (2020). Analisis Technological
Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun
di Universitas Jember. Jurnal Edukasi, 7(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Budi Rahardjo, Yunita Rusdiana, Fachrul Rozie, Evie Palenewen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.