LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIR
LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2404Kata Kunci:
BK AUD, Teknik SPICC, Rasa Percaya Diri.Abstrak
Bimbingan konseling perlu di terapkan di semua jenjang pendidikan
dikarenakan proses pengalaman belajar dan pembelajaran di tingkat pendidikan
usia dini akan berpengaruh terhadap perilaku di masa depannya di tingkat sekolah
menengah pertama, sekolah menengah atas maupun tingkat perguruan tinggi.
Untuk itu berdasarkan hasil dari pra-penelitian yang diperoleh dan didukung oleh
pendapat para ahli perlu adanya model layanan BK AUD dengan teknik SPICC
untuk meningkatkan percaya diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (research and development) yang didasarkan pada prinsip-prinsip
dan langkah-langkah dari Borg & Gall. Dari penelitian ini dihasilkan: (a) 1)
Tingkat rasa percaya diri AUD di Kober Gemilang secara global sebelum diberi
perlakuan berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada
kategori tinggi. (b) Dihasilkan model layanan BK AUD dengan teknik SPICC
untuk meningkatkan perilaku rasa percaya diri AUD yang terdiri dari 7 komponen
yaitu 1) Rasional, 2) Visi dan misi, 3) Tujuan, 4) Isi Layanan BK AUD dengan
teknik SPICC, 5) Dukungan Sistem, 6) Prosedur Layanan BK AUD dengan teknik
SPICC, 7) Evaluasi dan Tindak Lanjut. (c) Model Layanan BK AUD dengan
teknik SPICC efektif dalam meningkatkan perilaku rasa percaya diri di Kober
Gemilang
Referensi
Andini, N.K.A.S Dkk. 2019. Pengaruh Konseling Kelompok Model Spicc Dengan Teknik
Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Korban Bullying. Jurnal
Bimbingan Dan Konseling Indonesia Vol 4 No 1
Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Educational Research : An
Introduction. New York and London ; Longman
C C Islami, E Gustiana .(2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas
Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. ISSN 2716-2974.
Chitra, Noor. (2019). Development of Guidance and Counseling's Model Services with
Bibliotherapy Techniques to Improve Prosocial Behavior For Student of Primary
School. volume 1179 No 012060
Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung : Pustaka Setia.
Gibson Robert L., & Mitchell Marianne H., (2011). Bimbingan dan Konseling.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gladding Samuel T., (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Edisi Keenam.
Jakarta: Indeks.
https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/161
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1179/1/012060
Kurniati, Euis dkk.2021. Pemulihan Pasca bencana pada Anak Usia Dini dalam Perspektif
Teori Ekologi. Jurnal Obsesi, DOI:10.31004/obsesi.v6i2.1026
Olson, Matthew H. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian, Edisi Kedelapan.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Santrock, John W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) Edisi
Ketigabelas Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Layanan Konseling Anak Usia Dini Dengan Teknik Spicc (Sequentially Planned Integrative Counselling For Children) Untuk
Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Sri Sofiana Amni, Ni Wayan Ria Lestari
Suhardita. Kadek. 2013. Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Rasa
Percaya Diri Siswa. Bali: Abkin Prosiding Seminar Internasional Konseling.
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan & Konseling.
Cetakan kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri Sofiana Amni, M. Pd.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.