LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIR

LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI

Authors

  • Sri Sofiana Amni IAHN Gde Pudja Mataram
  • Ni Wayan Ria Lestari IAHN Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2404

Keywords:

BK AUD, Teknik SPICC, Rasa Percaya Diri.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan bimbingan konseling pada seluruh
satuan tingkat pendidikan utamanya pada anak usia dini. Karena pembelajaran serta
pengalaman belajar yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini dapat mempengaruhi
perilaku anak pada jenjang pendidikan selanjutnya baik di tingkat sekolah dasar,
menengah, bahkan sampai jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, model layanan
bimbingan konseling anak usia dini yang dilengkapi dengan teknologi SPICC
(Sequentially Planned Integrative Counselling for Children) diperlukan untuk
meningkatkan kepercayaan berdasarkan hasil penelitian awal yang diperoleh dan
didukung oleh pendapat ahli. Penelitian dikembangkan menggunakan prinsip serta
tahapan Borg dan Gall. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengamatan yang peneliti
lakukan yaitu: (a) tingkat rasa percaya diri anak usia dini di Kelompok Bermain (KB)
Gemilang secara keseluruhan sebelum diberikan perlakuan memiliki kategori sedang,
namun ketika telah diberi perlakuan tingkat rasa percaya diri anak meningkat di level
tinggi. (b) teknik SPICC (Sequentially Planned Integrative Counselling for Children)
menghasilkan layanan bimbingan konseling anak usia dini yang mengakibatkan rasa
percaya dini anak menjadi meningkat. Teknik ini sendiri tersusun dalam 7 lapisan bagian
diantaranya: bersifat rasional, adanya visi dan misi, memiliki tujuan, isi layanan
bimbingan konseling AUD menggunakan teknik SPICC (Sequentially Planned
Integrative Counselling for Children), terdapat dukungan sistem, prosedur layanan
bimbingan konseling AUD dengan teknik SPICC (Sequentially Planned Integrative
Counselling for Children), adanya evaluasi dan monitoring. (c) model layanan bimbingan
konseling AUD menggunakan teknik SPICC (Sequentially Planned Integrative
Counselling for Children) sangat cocok diterapkan sehingga rasa percaya diri anak di
Kelompok Bermain Gemilang meningkat.

References

Andini, N.K.A.S Dkk. 2019. Pengaruh Konseling Kelompok Model Spicc Dengan Teknik

Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Korban Bullying. Jurnal

Bimbingan Dan Konseling Indonesia Vol 4 No 1

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga

Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Educational Research : An

Introduction. New York and London ; Longman

C C Islami, E Gustiana .(2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas

Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. ISSN 2716-2974.

Chitra, Noor. (2019). Development of Guidance and Counseling's Model Services with

Bibliotherapy Techniques to Improve Prosocial Behavior For Student of Primary

School. volume 1179 No 012060

Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung : Pustaka Setia.

Gibson Robert L., & Mitchell Marianne H., (2011). Bimbingan dan Konseling.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gladding Samuel T., (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Edisi Keenam.

Jakarta: Indeks.

https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/161

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1179/1/012060

Kurniati, Euis dkk.2021. Pemulihan Pasca bencana pada Anak Usia Dini dalam Perspektif

Teori Ekologi. Jurnal Obsesi, DOI:10.31004/obsesi.v6i2.1026

Olson, Matthew H. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian, Edisi Kedelapan.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Santrock, John W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) Edisi

Ketigabelas Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Layanan Konseling Anak Usia Dini Dengan Teknik Spicc (Sequentially Planned Integrative Counselling For Children) Untuk

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sri Sofiana Amni, Ni Wayan Ria Lestari

Suhardita. Kadek. 2013. Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Rasa

Percaya Diri Siswa. Bali: Abkin Prosiding Seminar Internasional Konseling.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan & Konseling.

Cetakan kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Amni, S. S., & Lestari, N. W. R. . (2023). LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIR: LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2404
Abstract viewed = 118 times