PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO
PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2208Kata Kunci:
nilai karakter, permainan tradisional, anak usia diniAbstrak
Permainan tradisional di Indonesia sudah sangat banyak dilupakan karena berkembangnya jenis-jenis permainan berbasis teknologi, padahal permainan tradisional syarat akan nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan tradisional Sumbawa dan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan tradisional Sumbawa di TK PGRI Ongko. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis fenomenologis, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis permainan tradisional Sumbawa yang dimainkan, yaitu kolodood dan tampek ada bulan dan dimainkan secara terjadwal sekali seminggu dan kadang-kadang dimainkan anak-anak di luar jadwal yang ditetapkan oleh sekolah pada saat jam istirahat. Beberapa nilai karakter yang terdapat dalam permainan tradisional ini antara lain disiplin, kerja sama, jujur, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, peduli sosial, cinta tanah air, mandiri, dan toleransi.
Referensi
Agusti, F. A., Zafirah, A., Anwar, F., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character Values toward Students through Congklak Game. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 133–141. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.13947
Anggita, G. M., Mukarromah, S. B., & Ali, M. A. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 3(2), 55–59. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Ariani, HM, N. L. P., Aditya, R., Endriyani, N., & Niati, R. (2017). Effects of Playing with Gadgets on Elementary School Children in Urban and Rural Environment. Proceedings of the Health Science International Conference (HSIC 2017), 2(Hsic), 22–27. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.5
Ashar Pajarungi Anar, Dewi, N. K., Maulyda, M. A., & Nursaptini, N. (2020). Deskripsi Varian Permainan Tradisional Daerah Nusa Tenggara Barat. Progres Pendidikan, 1(3), 273–281. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.49
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosainslearning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 55–68. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.580
Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Gustian, U. (2020). Permainan Tradisional: Suatu Pendekatan dalam Mengembangkan Physical Literacy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14252
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Hapidin, & Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.21009/jpud.102.01
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Hsu, D., & Tillman, D. G. (2019). Living Values Activities for Children Ages 3-7 (1st ed.). Independently Published.
Husain, R. I., & Walangadi, H. (2020). Permainan Tradisional Gorontalo dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839
Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Kumala, I. A. M. W., Sueca, I. N., & Parsua, G. R. (2021). Pembentukan karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Goak Maling Taluh Di Tk Werdhi Kumara Punggul Badung. PRATAMA WIDYA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Spesial(Desember), 32–37. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pw.vi.371
Ma’ruf, A. (2021). Kandungan Teologis dalam Barapan Kebo Permainan Tradisional Tau Samawa di Pulau Sumbawa. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial, Dan Budaya2, 6(2), 183–202. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1898
Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36–43. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5342–5351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1640
Pudensia ratnasari, Prima, E., & Poerwati, C. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Tradisional Bakiak Untuk Anak Kelompok B1 Paud Pelita Kasih. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 106–115. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1864
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Qadafi, M. (2020). Pendekatan Living Values Education dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak di RA Tiara Chandra Yogyakarta. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 125–136. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6617
Qadafi, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini (N. Agustiningsih (ed.); 1st ed.). Sanabil.
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011=1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Rose, K. A., Morgan, I. G., Ip, J., Kifley, A., Huynh, S., Smith, W., & Mitchell, P. (2008). Outdoor Activity Reduces the Prevalence of Myopia in Children. Ophthalmology, 115(8), 1279–1285. https://doi.org/10.1016/j.ophtha.2007.12.019
Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional vs Permainan Modern dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1), 85–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.873
Sari, C. R., Hartati, S. H., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 416–424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225
Saripudin, D., & Komalasari, K. (2015). Living values education in school habituation program and its effect on student character development. The New Educational Review, 39(1), 51–62. https://doi.org/10.15804/tner.2015.39.1.04
Seijts, G., Gandz, J., Crossan, M., & Reno, M. (2015). Character matters: Character dimensions’ impact on leader performance and outcomes. Organizational Dynamics, 44(1), 65–74. https://doi.org/10.1016/j.orgdyn.2014.11.008
Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni. (2020). Membentuk Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1854–1859. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 21(1), 41–58. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744
Ulfadhilah, K. (2022). Mengatasi Kejenuhan Anak dalam Masa Pandemi Melalui Bermain Tradisional Bersama Orang Tua. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4761
Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567
Yıldırım, G., & Akamca, G. Ö. (2017). The effect of outdoor learning activities on the development of preschool children. South African Journal of Education, 37(2), 1–10. https://doi.org/10.15700/saje.v37n2a1378
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muammar Qadafi, Nani Husnaini, Leni Sasriani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.