PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO

PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO

Authors

  • Muammar Qadafi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nani Husnaini Universitas Islam Negeri Mataram
  • Leni Sasriani Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2208

Keywords:

character value, traditional game, early childhood

Abstract

Permainan tradisional di Indonesia belakangan ini sudah mulai digeser oleh permainan
berbasis teknologi, padahal permainan tradisional syarat akan nilai-nilai karakter. Riset
ini bertujuan untuk mengetahui jenis serta penerapan permainan tradisional Sumbawa dan
nilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan tradisional Sumbawa di TK PGRI
Ongko. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis fenomenologis,
sedangkan teknik dalam pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa terdapat dua jenis
permainan tradisional Sumbawa yang dimainkan, yaitu kolodood dan tampek ada bulan
dan dimainkan secara terjadwal sekali seminggu dan kadang-kadang dimainkan anakanak
di luar jadwal yang ditetapkan oleh sekolah pada saat jam istirahat. Beberapa nilai
karakter yang terdapat dalam permainan tradisional ini antara lain disiplin, kerja sama,
jujur, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, peduli sosial, cinta tanah air, mandiri, dan
toleransi.

References

Agusti, F. A., Zafirah, A., Anwar, F., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character Values toward Students through Congklak Game. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 133–141. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.13947

Anggita, G. M., Mukarromah, S. B., & Ali, M. A. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 3(2), 55–59. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Ariani, HM, N. L. P., Aditya, R., Endriyani, N., & Niati, R. (2017). Effects of Playing with Gadgets on Elementary School Children in Urban and Rural Environment. Proceedings of the Health Science International Conference (HSIC 2017), 2(Hsic), 22–27. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.5

Ashar Pajarungi Anar, Dewi, N. K., Maulyda, M. A., & Nursaptini, N. (2020). Deskripsi Varian Permainan Tradisional Daerah Nusa Tenggara Barat. Progres Pendidikan, 1(3), 273–281. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.49

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosainslearning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 55–68. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.580

Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440

Gustian, U. (2020). Permainan Tradisional: Suatu Pendekatan dalam Mengembangkan Physical Literacy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14252

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hapidin, & Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.21009/jpud.102.01

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hsu, D., & Tillman, D. G. (2019). Living Values Activities for Children Ages 3-7 (1st ed.). Independently Published.

Husain, R. I., & Walangadi, H. (2020). Permainan Tradisional Gorontalo dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Kumala, I. A. M. W., Sueca, I. N., & Parsua, G. R. (2021). Pembentukan karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Goak Maling Taluh Di Tk Werdhi Kumara Punggul Badung. PRATAMA WIDYA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Spesial(Desember), 32–37. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pw.vi.371

Ma’ruf, A. (2021). Kandungan Teologis dalam Barapan Kebo Permainan Tradisional Tau Samawa di Pulau Sumbawa. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial, Dan Budaya2, 6(2), 183–202. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1898

Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36–43. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5342–5351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1640

Pudensia ratnasari, Prima, E., & Poerwati, C. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Tradisional Bakiak Untuk Anak Kelompok B1 Paud Pelita Kasih. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 106–115. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1864

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Qadafi, M. (2020). Pendekatan Living Values Education dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak di RA Tiara Chandra Yogyakarta. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 125–136. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6617

Qadafi, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini (N. Agustiningsih (ed.); 1st ed.). Sanabil.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011=1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Rose, K. A., Morgan, I. G., Ip, J., Kifley, A., Huynh, S., Smith, W., & Mitchell, P. (2008). Outdoor Activity Reduces the Prevalence of Myopia in Children. Ophthalmology, 115(8), 1279–1285. https://doi.org/10.1016/j.ophtha.2007.12.019

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional vs Permainan Modern dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1), 85–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.873

Sari, C. R., Hartati, S. H., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 416–424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Saripudin, D., & Komalasari, K. (2015). Living values education in school habituation program and its effect on student character development. The New Educational Review, 39(1), 51–62. https://doi.org/10.15804/tner.2015.39.1.04

Seijts, G., Gandz, J., Crossan, M., & Reno, M. (2015). Character matters: Character dimensions’ impact on leader performance and outcomes. Organizational Dynamics, 44(1), 65–74. https://doi.org/10.1016/j.orgdyn.2014.11.008

Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni. (2020). Membentuk Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1854–1859. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364

Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 21(1), 41–58. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744

Ulfadhilah, K. (2022). Mengatasi Kejenuhan Anak dalam Masa Pandemi Melalui Bermain Tradisional Bersama Orang Tua. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4761

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Yıldırım, G., & Akamca, G. Ö. (2017). The effect of outdoor learning activities on the development of preschool children. South African Journal of Education, 37(2), 1–10. https://doi.org/10.15700/saje.v37n2a1378

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Muammar Qadafi, Nani Husnaini, & Leni Sasriani. (2023). PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO: PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2208
Abstract viewed = 164 times