EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI
EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2360Keywords:
early childhood, the ability to recognize numbers, paper fish fishing gameAbstract
Kemampuan mengenal angka pada anak usia dini harus terus diasah melalui cara yang
menarik dan menyenangkan yakni melalui permainan paper fish fishing. Dilakukannya
penelitian ini untuk melihat efektivitas dari permainan paper fish fishing sebagai upaya
meningkatkan kemampuan pengenalan angka pada anak di kelas B1 TK Dharma Kumara
IV Buduk. Penelitian Tindakan Kelas ini terbagi dalam dua siklus, disetiap siklus terdapat
empat tahapan prosedur: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
pengamatan tindakan dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi
berpanduan pada rubrik yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Melalui hasil
observasi awal ketuntasan anak dalam pengenalan angka sebesar 38,10%. Setelah
pelaksanaan Siklus I terjadi peningkatan menjadi 57,14% dan diakhir Siklus II menjadi
90,48%. Dapat ditarik kesimpulan peningkatan kemampuan pengenalan angka pada anak
dapat diraih melalui bermain permainan paper fish fishing. Implikasi dari pelaksanaan
permainan ini yakni: anak dapat menyebutkan angka, mengurutkan angka, memasangkan
angka berdasarkan jumlah benda serta menghubungkan jumlah benda sesuai dengan
angka. Sehingga diharapkan tenaga pendidik dapat menerapkan permainan ini dalam
kegiatan pembelajaran bersama dengan anak demi terwujudnya sebuah proses
pembelajaran yang bersifat aktif serta menyenangkan bagi anak secara khusus saat belajar
pengenalan angka.
References
Agung, A.G. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Ardini, P.P. and Lestariningrum, A. (2018) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini
(Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
Ariyanti, T. (2016) ‘Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang
Anak’, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), pp. 50–58.
Aspiah, Parwoto and Sitti Hafsah (2023) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal
Angka Melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok A TKIT An-Nur Sebulu
Tahun Pelajaran 2020 / 2021’, Profesi Kependidikan, 4(1), pp. 207–214.
Bisri, R.A. and Marli’ah, S. (2022) ‘Pengembangan Media Kereta Angka Untuk
Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun’,
Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), pp. 390–
Available at: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM.
Colliver, Y. and Veraksa, N. (2019) ‘Learning , Culture and Social Interaction The aim
of the game : A pedagogical tool to support young children ’ s learning through play’,
Learning, Culture and Social Interaction, 21(March), pp. 296–310. Available at:
https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.001.
Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y. and Mariyana, R. (2019) ‘Efektivitas Penggunaan Busy
Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini’, EDUKIDS: Jurnal
Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 42–52.
Available at: https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20874.
Halimah, Sahitumbi, M. and Nurlina (2021) ‘Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk
Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak’, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial
Humaniora (JIMSH), 3(2), pp. 113–128. Available at:
https://doi.org/10.51454/jimsh.v3i2.138.
Indriyani, D., Rachmawati, Y. and Deni, A. (2018) ‘Meningkatkan Pemahaman Lambang
Bilangan Melalui Fishing Game Di Tk Al-Hidayah Garut’, EDUKIDS: Jurnal
Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 9–15.
Available at: https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20151.
Khadijah and Amelia, N. (2021) Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan
Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Khoiriyyah, A. (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan
Kartu Angka Pada Anak TK Kelompok A’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2),
pp. 156–164.
Kholida, A., Sutama, I.W. and Suryadi, S. (2020) ‘Pengembangan Alat Permainan Kartu
U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-
Tahun.’, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), pp. 76–87.
Available at: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854.
Laely, K. (2020) Ilmu Pendidikan Anak. Magelang: Unimma Press.
Masganti, Arlina and Widai (2021) ‘Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap
Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Undiksha, 9(3), pp. 310–317. Available at:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.36855.
Mubarok, A.A.S.A. Al and Amini (2020) ‘Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan
Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 4(1), pp. 77–89. Available at:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.
Nasution, M.K. (2017) ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil
Belajar Siswa’, STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), pp.
–16. Available at: https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.
Nurdin (2021) ‘Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui
Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di’, MURHUM : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 56–67. Available at:
https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2021 Tentang Standar
Nasional Pendidikan (no date). Indonesia.
Pudjiati, S.R.. and Masykouri, A. (2011) Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun.
Jakarta: Dirjen PAUDNI.
Retnaningrum, W. (2016) ‘Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui
Media Bermain Memancing’, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat,
(2), pp. 207–218. Available at: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284.
Retnaningrum, W. and Umam, N. (2021) ‘Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Melalui Permainan Mencari Huruf’, Jurnal Tawadhu, 5(1), pp. 25–34. Available at:
https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120.
Satriaman, K.T., Pujani, N.M. and Sarini, P. (2018) ‘Implementasi Pendekatan Student
Centered Learning Dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya Dengan Hasil
Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja’, JPPSI: Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1), pp. 12–22. Available at:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912.
Septiadiningsih, R., Rohaety, E.E. and Nuraeni, L. (2019) ‘Penerapan Metode Bermain
Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Permulaan Di TK Al-Falah’, Ceria, 2(3), pp. 84–91. Available at:
https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p84-91.
Sit, M., Budianti, Y. and Muliyani, R. (2021) ‘The Application of Number Fishing Game
to Improve Basic Mathematics Ability’, AXIOM : Jurnal Pendidikan dan
Matematika, 10(1), pp. 85–96. Available at:
https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8886.
Størksen, I. et al. (2023) ‘The playful learning curriculum: A randomized controlled trial’,
Early Childhood Research Quarterly, 64(July 2022), pp. 36–46. Available at:
https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.01.015.
Sujiono (2013) Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sutisna, I. and Laiya, S.W. (2020) Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Sutrisno (2011) Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi &
Komunikasi. Jakarta: GP Press.
Trinova, Z. (2012) ‘Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik’,
Jurnal Al-Ta’lim, 1(3), pp. 209–215. Available at:
https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55.
Usman, Pahenra and Karmila (2021) ‘Pengaruh Penerapan Permainan Memancing Angka
Terhadap Kemampuan Kognitif’, Jurnal Smart PAUD, 4(1), pp. 57–64. Available at:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10206.
Wijaya, C. and Syahrum (2013) Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan
Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Media Perintis.
Zosh, J.M. et al. (2017) Learning through play: a review of the evidence. Denmark: The
LEGO Foundation.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni KomangTheda Febrina Subagia, Christiani Endah Poerwati, Lusiana Christania, Nona Mulia Pasaribu, Aplia Putni Malo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.