per PERMAINAN MEMANCING IKAN KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA IV BUDUK
EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2360Kata Kunci:
anak usia dini, kemampuan mengenal angka, permainan memancing ikan kertasAbstrak
Kemampuan mengenal angka ialah salah satu bagian dari kemampuan kognitif anak usia dini yang penting untuk diasah agar anak tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Diperlukan cara yang menarik bagi anak untuk mengasah kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Permainan memancing ikan kertas adalah salah satu upaya yang digunakan untuk belajar mengenal angka yang dihadiran dalam pembelajaran di kelas. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan memancing ikan kertas dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma Kumara IV Buduk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dengan panduan rubrik untuk merekam data yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Pada observasi awal ketuntasan mengenal angka pada anak sebesar 38,10%. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak menjadi 57,14% dan pada siklus II menjadi 90,48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan memancing ikan kertas dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B1 TK Dharma Kumara IV Buduk.
Referensi
Agung, A.G. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Ardini, P.P. and Lestariningrum, A. (2018) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini
(Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
Ariyanti, T. (2016) ‘Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang
Anak’, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), pp. 50–58.
Aspiah, Parwoto and Sitti Hafsah (2023) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal
Angka Melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok A TKIT An-Nur Sebulu
Tahun Pelajaran 2020 / 2021’, Profesi Kependidikan, 4(1), pp. 207–214.
Bisri, R.A. and Marli’ah, S. (2022) ‘Pengembangan Media Kereta Angka Untuk
Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun’,
Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), pp. 390–
Available at: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM.
Colliver, Y. and Veraksa, N. (2019) ‘Learning , Culture and Social Interaction The aim
of the game : A pedagogical tool to support young children ’ s learning through play’,
Learning, Culture and Social Interaction, 21(March), pp. 296–310. Available at:
https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.001.
Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y. and Mariyana, R. (2019) ‘Efektivitas Penggunaan Busy
Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini’, EDUKIDS: Jurnal
Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 42–52.
Available at: https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20874.
Halimah, Sahitumbi, M. and Nurlina (2021) ‘Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk
Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak’, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial
Humaniora (JIMSH), 3(2), pp. 113–128. Available at:
https://doi.org/10.51454/jimsh.v3i2.138.
Indriyani, D., Rachmawati, Y. and Deni, A. (2018) ‘Meningkatkan Pemahaman Lambang
Bilangan Melalui Fishing Game Di Tk Al-Hidayah Garut’, EDUKIDS: Jurnal
Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 9–15.
Available at: https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20151.
Khadijah and Amelia, N. (2021) Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan
Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Khoiriyyah, A. (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan
Kartu Angka Pada Anak TK Kelompok A’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2),
pp. 156–164.
Kholida, A., Sutama, I.W. and Suryadi, S. (2020) ‘Pengembangan Alat Permainan Kartu
U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-
Tahun.’, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), pp. 76–87.
Available at: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854.
Laely, K. (2020) Ilmu Pendidikan Anak. Magelang: Unimma Press.
Masganti, Arlina and Widai (2021) ‘Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap
Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Undiksha, 9(3), pp. 310–317. Available at:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.36855.
Mubarok, A.A.S.A. Al and Amini (2020) ‘Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan
Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 4(1), pp. 77–89. Available at:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.
Nasution, M.K. (2017) ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil
Belajar Siswa’, STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), pp.
–16. Available at: https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.
Nurdin (2021) ‘Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui
Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di’, MURHUM : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 56–67. Available at:
https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2021 Tentang Standar
Nasional Pendidikan (no date). Indonesia.
Pudjiati, S.R.. and Masykouri, A. (2011) Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun.
Jakarta: Dirjen PAUDNI.
Retnaningrum, W. (2016) ‘Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui
Media Bermain Memancing’, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat,
(2), pp. 207–218. Available at: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284.
Retnaningrum, W. and Umam, N. (2021) ‘Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Melalui Permainan Mencari Huruf’, Jurnal Tawadhu, 5(1), pp. 25–34. Available at:
https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120.
Satriaman, K.T., Pujani, N.M. and Sarini, P. (2018) ‘Implementasi Pendekatan Student
Centered Learning Dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya Dengan Hasil
Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja’, JPPSI: Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1), pp. 12–22. Available at:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912.
Septiadiningsih, R., Rohaety, E.E. and Nuraeni, L. (2019) ‘Penerapan Metode Bermain
Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Permulaan Di TK Al-Falah’, Ceria, 2(3), pp. 84–91. Available at:
https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p84-91.
Sit, M., Budianti, Y. and Muliyani, R. (2021) ‘The Application of Number Fishing Game
to Improve Basic Mathematics Ability’, AXIOM : Jurnal Pendidikan dan
Matematika, 10(1), pp. 85–96. Available at:
https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8886.
Størksen, I. et al. (2023) ‘The playful learning curriculum: A randomized controlled trial’,
Early Childhood Research Quarterly, 64(July 2022), pp. 36–46. Available at:
https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.01.015.
Sujiono (2013) Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sutisna, I. and Laiya, S.W. (2020) Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Sutrisno (2011) Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi &
Komunikasi. Jakarta: GP Press.
Trinova, Z. (2012) ‘Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik’,
Jurnal Al-Ta’lim, 1(3), pp. 209–215. Available at:
https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55.
Usman, Pahenra and Karmila (2021) ‘Pengaruh Penerapan Permainan Memancing Angka
Terhadap Kemampuan Kognitif’, Jurnal Smart PAUD, 4(1), pp. 57–64. Available at:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10206.
Wijaya, C. and Syahrum (2013) Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan
Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Media Perintis.
Zosh, J.M. et al. (2017) Learning through play: a review of the evidence. Denmark: The
LEGO Foundation.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni KomangTheda Febrina Subagia, Christiani Endah Poerwati, Lusiana Christania, Nona Mulia Pasaribu, Aplia Putni Malo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.