EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI

EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ni KomangTheda Febrina Subagia Universitas Dhyana Pura
  • Christiani Endah Poerwati Universitas Dhyana Pura
  • Lusiana Christania Universitas Dhyana Pura
  • Nona Mulia Pasaribu Universitas Dhyana Pura
  • Aplia Putni Malo Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2360

Keywords:

early childhood, the ability to recognize numbers, paper fish fishing game

Abstract

Kemampuan mengenal angka pada anak usia dini harus terus diasah melalui cara yang
menarik dan menyenangkan yakni melalui permainan paper fish fishing. Dilakukannya
penelitian ini untuk melihat efektivitas dari permainan paper fish fishing sebagai upaya
meningkatkan kemampuan pengenalan angka pada anak di kelas B1 TK Dharma Kumara
IV Buduk. Penelitian Tindakan Kelas ini terbagi dalam dua siklus, disetiap siklus terdapat
empat tahapan prosedur: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
pengamatan tindakan dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi
berpanduan pada rubrik yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Melalui hasil
observasi awal ketuntasan anak dalam pengenalan angka sebesar 38,10%. Setelah
pelaksanaan Siklus I terjadi peningkatan menjadi 57,14% dan diakhir Siklus II menjadi
90,48%. Dapat ditarik kesimpulan peningkatan kemampuan pengenalan angka pada anak
dapat diraih melalui bermain permainan paper fish fishing. Implikasi dari pelaksanaan
permainan ini yakni: anak dapat menyebutkan angka, mengurutkan angka, memasangkan
angka berdasarkan jumlah benda serta menghubungkan jumlah benda sesuai dengan
angka. Sehingga diharapkan tenaga pendidik dapat menerapkan permainan ini dalam
kegiatan pembelajaran bersama dengan anak demi terwujudnya sebuah proses
pembelajaran yang bersifat aktif serta menyenangkan bagi anak secara khusus saat belajar
pengenalan angka.

References

Agung, A.G. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Ardini, P.P. and Lestariningrum, A. (2018) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini

(Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Ariyanti, T. (2016) ‘Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang

Anak’, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), pp. 50–58.

Aspiah, Parwoto and Sitti Hafsah (2023) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal

Angka Melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok A TKIT An-Nur Sebulu

Tahun Pelajaran 2020 / 2021’, Profesi Kependidikan, 4(1), pp. 207–214.

Bisri, R.A. and Marli’ah, S. (2022) ‘Pengembangan Media Kereta Angka Untuk

Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun’,

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), pp. 390–

Available at: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM.

Colliver, Y. and Veraksa, N. (2019) ‘Learning , Culture and Social Interaction The aim

of the game : A pedagogical tool to support young children ’ s learning through play’,

Learning, Culture and Social Interaction, 21(March), pp. 296–310. Available at:

https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.001.

Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y. and Mariyana, R. (2019) ‘Efektivitas Penggunaan Busy

Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini’, EDUKIDS: Jurnal

Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 42–52.

Available at: https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20874.

Halimah, Sahitumbi, M. and Nurlina (2021) ‘Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk

Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak’, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial

Humaniora (JIMSH), 3(2), pp. 113–128. Available at:

https://doi.org/10.51454/jimsh.v3i2.138.

Indriyani, D., Rachmawati, Y. and Deni, A. (2018) ‘Meningkatkan Pemahaman Lambang

Bilangan Melalui Fishing Game Di Tk Al-Hidayah Garut’, EDUKIDS: Jurnal

Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 9–15.

Available at: https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20151.

Khadijah and Amelia, N. (2021) Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan

Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Khoiriyyah, A. (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan

Kartu Angka Pada Anak TK Kelompok A’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2),

pp. 156–164.

Kholida, A., Sutama, I.W. and Suryadi, S. (2020) ‘Pengembangan Alat Permainan Kartu

U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-

Tahun.’, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), pp. 76–87.

Available at: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854.

Laely, K. (2020) Ilmu Pendidikan Anak. Magelang: Unimma Press.

Masganti, Arlina and Widai (2021) ‘Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap

Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Undiksha, 9(3), pp. 310–317. Available at:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.36855.

Mubarok, A.A.S.A. Al and Amini (2020) ‘Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan

Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 4(1), pp. 77–89. Available at:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.

Nasution, M.K. (2017) ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil

Belajar Siswa’, STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), pp.

–16. Available at: https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.

Nurdin (2021) ‘Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui

Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di’, MURHUM : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 56–67. Available at:

https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2021 Tentang Standar

Nasional Pendidikan (no date). Indonesia.

Pudjiati, S.R.. and Masykouri, A. (2011) Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun.

Jakarta: Dirjen PAUDNI.

Retnaningrum, W. (2016) ‘Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui

Media Bermain Memancing’, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat,

(2), pp. 207–218. Available at: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284.

Retnaningrum, W. and Umam, N. (2021) ‘Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Melalui Permainan Mencari Huruf’, Jurnal Tawadhu, 5(1), pp. 25–34. Available at:

https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120.

Satriaman, K.T., Pujani, N.M. and Sarini, P. (2018) ‘Implementasi Pendekatan Student

Centered Learning Dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya Dengan Hasil

Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja’, JPPSI: Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1), pp. 12–22. Available at:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912.

Septiadiningsih, R., Rohaety, E.E. and Nuraeni, L. (2019) ‘Penerapan Metode Bermain

Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung

Permulaan Di TK Al-Falah’, Ceria, 2(3), pp. 84–91. Available at:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p84-91.

Sit, M., Budianti, Y. and Muliyani, R. (2021) ‘The Application of Number Fishing Game

to Improve Basic Mathematics Ability’, AXIOM : Jurnal Pendidikan dan

Matematika, 10(1), pp. 85–96. Available at:

https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8886.

Størksen, I. et al. (2023) ‘The playful learning curriculum: A randomized controlled trial’,

Early Childhood Research Quarterly, 64(July 2022), pp. 36–46. Available at:

https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.01.015.

Sujiono (2013) Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sutisna, I. and Laiya, S.W. (2020) Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Sutrisno (2011) Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi &

Komunikasi. Jakarta: GP Press.

Trinova, Z. (2012) ‘Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik’,

Jurnal Al-Ta’lim, 1(3), pp. 209–215. Available at:

https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55.

Usman, Pahenra and Karmila (2021) ‘Pengaruh Penerapan Permainan Memancing Angka

Terhadap Kemampuan Kognitif’, Jurnal Smart PAUD, 4(1), pp. 57–64. Available at:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10206.

Wijaya, C. and Syahrum (2013) Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan

Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Media Perintis.

Zosh, J.M. et al. (2017) Learning through play: a review of the evidence. Denmark: The

LEGO Foundation.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Subagia, N. K. T. F., Poerwati, C. E. ., Christania, L. ., Pasaribu, N. M. ., & Malo, A. P. . (2023). EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI: EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 85–100. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2360
Abstract viewed = 81 times