IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT LEARNING TO INCREASE PRODUCTIVITY AND STUDENTS LEARNING OUTCOMES DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Penulis

  • I Ketut Sudarsana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.507

Kata Kunci:

Pembelajaran Mandiri, Produktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peningkatan produktivitas dan nilai belajar mahasiswa di tengah pandemi COVID-19 melalui implementasi pembelajaran mandiri. Penerapan model pembelajaran mandiri ini didasari dengan adanya himbauan serta kebijakan pemerintah yang mengharuskan serta mewajibkan dosen dan mahasiswa melakukan proses pembelajaran dirumah masing-masing. Subjek utama penelitian ini yakni seluruh mahasiswa semester I Kelas A Program Studi Pendidikan Agama Hindu Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dengan jumlah 28 Orang. Dari hasil penelitian menunjukan 98% mahasiswa mengalami peningkatan produktivitas belajar yang didukung dengan adanya peningkatan hasil belajar dengan persentase 96%. Peningkatan ini dibuktikan dengan membandingkan nilai UTS dengan nilai UAS. Peningkatan nilai belajar mahasiswa ini tidak lepas dari dukungan orangtua, pengawasan dosen serta program pembelajaran daring menggunakan zoom. Selain itu program pembelajaran berbantukan youtube juga merupakan salah satu penunjang implementasi pembelajaran mandiri, disamping buku-buku pembelajaran yang diperoleh secara online. Model pembelajaran mandiri ini dirasa produktif diterapkan ditengah pandemi COVID-19 ini guna mendukung kebijakan pemerintah dalam melakukan social distantancing sekaligus untuk meningkatkan produktivitas belajar mahasiswa.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-01
Abstrak viewed = 41 times