NILAI–NILAI DAN KONSEP PENDIDIKANMULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENURUT KITAB CANAKYA NITI SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.506Kata Kunci:
Pendidikan Multikultural, Kitab Canakya NitisastraAbstrak
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi digital memungkinkan terjadinya penemuan antara generasi tua dan generasi muda. Oleh karena itu, orientasi-orientasi nilai pendidkan multikultural di kalangan generasi muda terutama pada kalangan anak-anak, khususnya pada sikap atau kepercayaan beragama dan budaya(kebiasaan ) sehari – hari. Tentunya sangat penting dalam melatih generasi muda untuk menjadi generasi penerus yang merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan negara bangsa. Pendidikan multikultural dalam pendidikan agama Hindu sejatinya dapat memobilisasi dan mengamalkan ajaran agama Hindu sehingga membentuk nilai moral dan etika yang luhur sesuai dalam kitab suci weda tepatnya pada bagian Canakya Niti Sastra. Dalam Kitab Canakaya Niti Sastra pendidikan multikultural tersirat bahwa nilai pendidikan multikultural pada anak–anak sangat berkaitan mengajarkan hubungan antar makhluk hidup yang saling menerima dan mengharagai (Tri Hita Karana). Kitab Canakya Niti Sastra ini mengajarkan kebahagiaan, pengendalian hawa nafsu, amarah, lobha, penguasaan pikiran, amalan dharma, kedamaian dan lain-lain yang mengarah pada jalan kebenaran yang akan memberikan keharharmonisan khususnya pada anak – anak dengan lingkungannya. Pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu digital saat ini telah mempengaruhi kebiasaan karakter dan nilai moral pada anak – anak yang justru dihadapkan pada tantangan berat. Anak – anak harus diarahkan untuk menilai dan menyesuaikan akhlaknya. Pendidikan multikutural dalam ajaran agama Hindu tersirat pada kitab Canakaya Nittisastra ini agar dapat menjadi agen normatif yang membangun setiap karakter, kebiasaan, moral, akhlak pada anak –anak melalui kearifan lokalnya yang diartikan sebagai motivasi.