pengembangan media taman belajar untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di kiddie care
pengembangan media taman belajar untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di kiddie care
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3117Kata Kunci:
media taman belajar, kognitif, anak usia diniAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk yang didapat digunakan sebagai bahan ajar, yaitu media Taman belajar untuk meningkatkan perkembangn kognitif pada anak usia dini yang layak digunakan sebagai media pembelajaran dikelas. Penelitian ini menggunakan Research and Development menggunakan prosedur Borg and Gall dengan melalui sepuluh tahapan secara sistematis. Uji coba pada penelitian ini terbagi menjadi dua bagian yakni uji coba ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi, serta uji coba produk di Kiddi Care. Hasil penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan skor 85% dengan kriteria “Sangat Layak”, penilaian oleh ahli materi menunjukkan skor 90% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan produk berupa media Taman Belajar yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar menghaslkan produk berupa media Taman Belajar untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini.
Referensi
Billett, S. (2017). Theorizing the Cooccurrence of Remaking Occupational Practices and Their Learning. Practice Theory Perspectives on Pedagogy and Education, 68-86. DOI: 10.1007/978- 981-10-3130-4_4.
Briggs, L. J. (1977). Instructional Design,Educational Technology. Englewood Cliffs.
Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529
Feri Faila Sufa , Ch. Evy Tri Widyahening. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif anak usia dini . Volume 7 Issue 3 (2023) Pages 3819-3830 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Gall, B. dan. (1983). Educational Research: An Introduction. Longman Inc.
Gustiana, D., Mering, A., Tanjungpura, U., Cetak, M., & Education, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Gambar Cetak Tematik. 10(2), 505–512.
Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275
Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.
Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275
Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.
Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275
Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.
Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275
Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.
Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529
Gustiana, D., Mering, A., Tanjungpura, U., Cetak, M., & Education, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Gambar Cetak Tematik. 10(2), 505–512.
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275
Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.
Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275
Izzati Lailatul. (2020). Pengaruh Metode Cerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. Halaman 472-481Volume 4 Nomor 1 Tahun.
Koesmadi, D. P. (n.d.). (2018). Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Dan Klasifikasi Pada Anak.
Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2935
Masykouri, P. &. (2011). Bermain bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Usia anak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Mulyasa, E. (2005).Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana
Parwati, dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Jurnal PAUD Undiksha
Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.
Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Rizkia Windia P. (2017). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Fase Review Kegiatan Pembelajaran Pada Sentra Balok Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Artikel Ilmiah
Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160
Salkind, N J. (2009). Teori-teori Perkembangan Manusia. Bandung: Nusa Media
Santrock, J W. (2007). Perkembangan Anak (Volume 1). Jakarta: Erlangga.
Saputra, A., & Suryadi, L. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pelangi, 2(2), 198–206. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Schunk, D H., (2012). Learning Theories (Ed). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Thiel, O., & Jenssen, L. (2018). Affective-motivational aspects of early childhood teacher students’ knowledge about mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 512–534. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1488398
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Veronica, Nina. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2 agustus P-Issn: 2599-0438; E-Issn: 2599-042x
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sulastya Ningsih NINGSIH, Andi Marshanawiah , Nurul Maulida Alwi , Ryan Hidayat Rafi’ola, Iyan Sofyan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.