MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN DI TK TUNAS MERAK KECAMATAN KARANGTANJUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Rohani TK Tunas Merak

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3112

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu  meningkatkan  kinerja  guru  dalam  pembelajaran  daring  melalui supervisi  akademik.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  sekolah  yang dilaksanakan di TK Tunas Merak, subjek penelitian adalah guru, Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Pelaksanaan supervisi  akademik   di  TK Tunas Merak. Rancangan penelitian setiap siklus melalui perencanaan, tindakan,  observasi dan  refleksi.  Teknik  pengambilan  data  melalui  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil  penilaian    kinerja  guru  dalam  pembelajaran  daring  hasil perolehan skor rata-rata penilaian siklus I yaitu 75,8 artinya kinerja guru dalam pembelajaran daringsudah tinggi, akan tetapi perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi  lagi  agar  mencapai  skor sangat maksimal. Hasil penilaian kinerja  guru  dalam pembelajaran daring pada siklus II, hasilnya adalah kinerja guru dalam pembelajaran daring  tinggi.  Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata  hasil penilaian siklus II yaitu 87,5 hal ini sudah memenuhi target karena mencapai skor maksimal yaitu 86.

Referensi

Adlin. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pendidikan Kolaboratif Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 15–21. https://stkiprokania.ac.id/e-jurnal/index.php/jpr/article/download/485/387

Aslamiah, T. (2011). Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Study Kasus Di Mtsn Imadun Najah Jakarta. Skripsi FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Defrisiswardi. (2013). Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Padang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Effendi, I. F. (2021). Supervisi dalam Pelatihan: Studi Kasus di SD Islam Al-Azhar 20 Cibubur. Jural Menajemen Pendidikan, 9(2), 32–44.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.

Irmawati. (2010). Persepsi Guru Terhadap Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Keterkaitannya Dengan Kinerja Guru Smpn 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.21009/jmp.v1i1.2487

Isnaini, A. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Sdn 2 Kubu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(2), 1–8. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5071

Kusnurani, M. S., & Roesminingsih, E. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 709–719.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Magdalena, M., & Sanoto, H. (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X Dan P-ISSN: 2685-9351, 4(4), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Maghfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Mengenal Standar dan Etika Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2707–2711. https://doi.org/Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1285

Mustikeni. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 310–321.

Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18. http://www.jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/160%0Ahttp://www.jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/download/160/101

Nugraheni, W., Mulyani, S., & Ashadi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Pembelajaran Materi Pokok Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Kelas Xi Mia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 172. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37756

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Rohedi, D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID -19 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI MADUSARI 01 KECAMATAN WANAREJA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 Dalam proses penilaian. Insan Cendikia-Jurnal Pendidikan, 2(1), 26–39.

Rosalina, N., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 2(1), 10–20.

Rustandi, A. A., Harniati, & Kusnadi, D. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597.

Santosa, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.293

Tesalonika, A., Wiryatmo, R. D., Bunbaban, Y. S., Tilman, A. D. A., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Saat Pembelajaran Luring Dan Daring Di Sekolah Karangturi. Satya Widya, 37(1), 62–71. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p62-71

Widiawati, C. I. M. K. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Daring Melalui Supervisi Akademik Guru. Jurnal Widyadari V, 22(1), 115–126. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661230

Widyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Rohani. (2023). MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN DI TK TUNAS MERAK KECAMATAN KARANGTANJUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 218–228. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3112
Abstrak viewed = 113 times