CHALLENGE BOARD: SEBUAH PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Penulis

  • Cahniyo Wijaya Kuswanto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Eti Hadiati
  • Reni Marningsih

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3040

Abstrak

Keterampilan  motorik  kasar  mengacu  pada latihan  dan stimulasi yang  melibatkan  otot-otot besar dalam tubuh. Keterampilan motorik kasar pada anak usia dini masih tergolong rendah dikarenakan pembelajaran belum optimal dan APE penunjang masih belum terpenuhi untuk menstimulasi motorik kasar..Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan permainan chalenge board, metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan putaran dengan 2 siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan empat tahap pada tiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian setelah di terapkannya permainan chalenge board dengan desain yang menarik, mudah di mainkan,dan menyenangkan untuk anak usia dini sehingga membuat perkembangan keterampilan motorik kasar anak meningkat,dan membuat gerakan anak menjadi lebih terkoordinasi serta membuat anak tampil lebih percaya diri sehingga anak mampu bersikap luwes,sigap, dalam pergaulannya.

Referensi

’Aziz, H., Ajhuri, K. F., & Humaida, R. (2021). Efektifitas Permainan Bola dan Rintangan untuk Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 169–178. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-01

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60

Brantasari, M., & Aslindah, A. (2018). IMPLEMENTASI PERMAINAN MENANGKAP BOLA PADA KELENTURAN DAN KOORDINASI OTOT JARI DAN TANGAN ANAK USIA 2 - 3 TAHUN. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.176

Dwiningsih, R., Aisyah, A., & Ibrahim, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Estafet. JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO, 2(3), 225. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i3.9193

Farida, F., Khoirunnisa, Y., & Putra, R. W. Y. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3765

Field, S. C., Esposito Bosma, C. B., & Temple, V. A. (2020). Comparability of the Test of Gross Motor Development–Second Edition and the Test of Gross Motor Development–Third Edition. Journal of Motor Learning and Development, 8(1), 107–125. https://doi.org/10.1123/jmld.2018-0058

Hardiningsih, S., Akbar, M. R., & Nurrahmah. (2020). Permainan Tradisional Edukatif “Mpaá Ncimi” Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Dan Perilaku Sosial Anak. Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2181

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Pendiidkan Anak Usia Dini, 7(1).

Khadijah. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=Bf72DwAAQBAJ

Kustiawan, andri arif. (2016). Konstribusi Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Karakter Ramah pada Anak Usia Dini. Open Journal Sistem, 36(1), 1–13.

Marlia, A., Nisa’, T. F., & Fajar, Y. W. (2018). Perbandingan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B pada Kegiatan Senam Berirama dan yang Tidak Berirama. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 116–122. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5439

Muammar Qadafi, Nani Husnaini, & Leni Sasriani. (2023). PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2208

Nur Azizah, A., Yusuf Muslihin, H., & Rahman, T. (2022). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK MELALUI KOLASE DENGAN MEDIA DAUN KERING. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 69–77. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.810

Paramesthi, R., Soegiyanto, S., & Pramono, H. (2022). The Effect of Modifications of Challenge board Games and Traditional Engklek Games on The Movement of Locomotors in Mild Children. JUARA : Jurnal Olahraga, 7(3), 733–740. https://doi.org/10.33222/juara.v7i3.2418

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Veryawan veryawan, R. H. H., & Hasibuan, R. H. (2022). PERMAINAN LARI KELERENG : PEMBENTUKKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.741

Zahro Azhari, A., & Syukri Sitorus, A. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tapak Kaki Kupu-Kupu. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 281–291. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2767

Zuhra, N., Dewi, R., & Syarifah, S. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Sirkuit untuk Meningkatkan Capaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8047–8060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3658

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Cahniyo Wijaya Kuswanto, Hadiati , E., & Marningsih, R. . (2023). CHALLENGE BOARD: SEBUAH PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 210–217. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3040
Abstrak viewed = 261 times