IMPLEMENTASI KEGIATAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK WIDYA KUMARA DARMASABA

Authors

  • Ni Wayan Septiari Universitas Dhyana Pura
  • Christiani Endah Poerwati Universitas Dhyana Pura
  • Indah Lestari Putu Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.2956

Keywords:

Anak Usia Dini, Kegiatan Outbound , Kemampuan Kognitif

Abstract

Perkembangan kognitif erat hubungannya dengan tingkat kecerdasan yang dapat mencirikan berbagai minat anak terutama kepada ide-ide dan belajar. Perkembangan kognitif anak usia dini dapat meliputi: belajar dan pemecahan masalah, berpikir logis dan berpikir simbolik. Salah satu kegiatan yang dapat menarik minat anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif adalah kegiatan outbound karena kegiatan ini dapat menstimulasi anak untuk memecahkan masalah melalui beragam aktivitas dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B1 di TK Widya Kumara Darmasaba, yang berjumlah 17 orang anak.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rubrik penilaian yang dsusun  sebagai acuan dalam mengukur kemampuan kognitif anak. Hasil observasi awal menunjukkan terdapat 2 orang anak mencapai kriteria ketuntasan (11,76%). Setelah diberikan kegiatan outbound yang beragam kegiatan pada Siklus I mengalami peningkatan terdapat 12 orang anak mencapai kriteria ketuntasan (70,59%), terjadi peningkatan kembali pada Siklus II sehingga ketuntasan kemampuan kognitif anak mencapai kriteria ketuntasan (88,24%) dari 15 orang anak, setelah diberikan kegiatan outbound yang beragam sehingga dapat disimpulkan, bahwa melalui kegiatan outbound menjadi salah satu kegiatan pembelajaran alternatif yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak.

 

 

References

Aeni, N. (2022) Kenali Peserta Didikmu. Jogjakarta: KBM indonesia.

Agung, A. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Publishing.

Akbar, E. (2020) Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Alhalimi, Abus (2020) Quatum Miracle. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Alhalimi, Abuss (2020) Quatum Miracle. Jakarta: PT Gramedi.

Harefah, D. and Telaumbanua, T. (2020) Belajar Berpikir Dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan. Sumatra Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Huliyah, M. (2021) Strategi Pengembangan Moral Dan Karakter Anak Uisa Dini. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Ika Windayani, N.L. et al. (2021) Teori Dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Iswidharmanjaya, D. (2013) Bila Anak Usia Dini Bersekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Karnemi, D., Fauziah, D.N. and Syafrida, R. (2021) ‘Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Sahabat Kecamatan Rawamerta’, Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), p. 152. Available at: https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2803.

Kurniawati, H. et al. (2022) ‘Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Melalui Outbound Pada Siswa RA AL-Ghifary’, Pendidikan Guru Indonesia, Vol 1 No 2.

Lestiawati, I.M. (2021) ‘Bermain Konstruktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun’, Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), p. 144. Available at: https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2519.

Maryatun, I.B. (2018) ‘Pemanfaatan Kegiatan Outbound untuk Melatih Kerja Sama (sebagai Moral Behavior) Anak Taman Kanak-Kanak’, Jurnal Pengajar Pada Program Studi Pendidikan Guru- Pendidik Anak Usia Dini, pp. 1–11.

Masruroh, F., Muslimin and Sofyani, M.I. (2021) ‘Penerapan Outbound Kids Dalam Meningkatkan Motorik Kasar’, Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 No.

Parnawi, A. (2019) Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Parnawi, A. (2020) Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Poerwati, C.E., Cahaya, I.M.E. and Suryaningsih, N.M.A. (2017) ‘Kreatif Matematika Melalui Outbound : Alternatif Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini’, Ilmu Pendidikan, Vol 1 No 1.

Rechard, M. (2021) Perkembangan Peserta Didik : Konsep Dan Permasalahan. Yayasan Kita Menulis.

Rodliyatun, M. et al. (2022) Gagasan dan Ide Support Sistem. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Susanto, A. (2021) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, H. (2021) Pendidikan Anak Usia Dini. Edited by P.B. Aksara. Jakarta.

Suzana, Y. and Jayanto, I. (2021) Teori Belajar & Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Tan, T. (2021) Menemukan Dan Menumbuhkan Karakter Kristus Pada Anak. Yogyakarta: Penerbit Buku Dan Majalah Rohani.

Tilong, A. (2019) 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan&Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana.

Tri Wahyudi, S. (2017) Statistika Ekonomi. Malang: UB Press.

Udin, S. (2018) Sebuah Catatan Petualangan di Sekolah. Jakarta: Bitread Publishing.

Wena, P., Subawa, I.P. and Suparya, I.K. (2021) ‘Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting’, Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), p. 110. Available at: https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2147.

Yunianto, A.E. et al. (2023) Kesehatan Dan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Septiari, N. W., Poerwati, C. E. . ., & Putu , I. L. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK WIDYA KUMARA DARMASABA. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 171–183. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.2956
Abstract viewed = 195 times