PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI
PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2421Keywords:
character building, tri kaya parisudha, pratama widya pasraman saraswatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan metode-metode pendidikan karakter
bermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, (2)
mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha di
Pratama Widya Pasraman Saraswati, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang
dihadapi guru di Pratama Widya Pasraman Saraswati dalam mengembangkan nilai-nilai
pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha. Pendekatan penelitian ini adalah
kualitatif dengan subjek guru, siswa, dan kepala sekolah di Pratama Widya Pasraman
Saraswati. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara dan studi dokumen.
Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,
ditemukan beberapa temuan sebagai berikut: (1) metode-metode pendidikan karakter
bermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati terfokus pada
metode keteladanan dan metode pembiasaan , (2) nilai-nilai pendidikan karakter
bermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, yaitu: berpikir
positif, religius, meyakini hukum sebab akibat, berkata sopan, berkata jujur, kasih sayang,
berbuat jujur, peduli sesama dan lingkungan, dan disiplin, (3) kendala-kendala penerapan
pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha terbagi atas kendala internal yang
bersumber dari kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter bermuatan Tri
Kaya Parisudha dan kendala eksternal yang bersumber dari keterlibatan orang tua.
References
Astawan, I. G. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Trikaya
Parisudha di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan,
(1), 1–18. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p001
Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Erlangga Press.
Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI
MADRASAH. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445–450.
https://doi.org/10.15548/JT.V20I3.41
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A.
Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Akasara.
Rahman, A. N. (2021). MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA
MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER (STUDI DI
SEKOLAH DASAR ANAK SALEH MALANG). Primary Education Journals
(Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33379/PRIMED.V1I2.724
Risaldy, S. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Luxima.
Sauri, S. (2017). MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBINAAN
PROFESIONALISME GURU BERBASIS PENDIDIKAN NILAI. BMC Public
Health, 5(1), 1–8. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Singer, I. W. (2015). Pendidikan Karakter Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Pusaka
Manikgeni.
Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing
characters based on local wisdom of bali in teaching physics in senior high school.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306–312.
https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681
Suhardana. (2007). Tri Kaya Parisuda Bahan Kajian untuk Berpikir Baik, Berkata Baik
dan Berbuat Baik. Paramita.
Sujiono. Y.R. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Widya, W., Indrawati, E. S., Muliani, D. E., & Ridhatullah, M. (2019). Design of
Integrated Science Learning Materials Based on Creative Problem Solving Model
Integrated with Anti-Corruption Characters. Kasuari: Physics Education Journal
(KPEJ), 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37891/KPEJ.V2I2.103
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Gede Arya Wiradnyana, I Putu Yoga Purandina; I Putu Yoga Purandina; Komang Agus Budhi Arya Pramana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.