PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI

PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI

Authors

  • I Gede Arya Wiradnyana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Komang Agus Budhi Arya Pramana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2421

Keywords:

character building, tri kaya parisudha, pratama widya pasraman saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan metode-metode pendidikan karakter
bermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, (2)
mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha di
Pratama Widya Pasraman Saraswati, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang
dihadapi guru di Pratama Widya Pasraman Saraswati dalam mengembangkan nilai-nilai
pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha. Pendekatan penelitian ini adalah
kualitatif dengan subjek guru, siswa, dan kepala sekolah di Pratama Widya Pasraman
Saraswati. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara dan studi dokumen.
Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,
ditemukan beberapa temuan sebagai berikut: (1) metode-metode pendidikan karakter
bermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati terfokus pada
metode keteladanan dan metode pembiasaan , (2) nilai-nilai pendidikan karakter
bermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, yaitu: berpikir
positif, religius, meyakini hukum sebab akibat, berkata sopan, berkata jujur, kasih sayang,
berbuat jujur, peduli sesama dan lingkungan, dan disiplin, (3) kendala-kendala penerapan
pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha terbagi atas kendala internal yang
bersumber dari kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter bermuatan Tri
Kaya Parisudha dan kendala eksternal yang bersumber dari keterlibatan orang tua.

References

Astawan, I. G. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Trikaya

Parisudha di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan,

(1), 1–18. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p001

Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Erlangga Press.

Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI

MADRASAH. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445–450.

https://doi.org/10.15548/JT.V20I3.41

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A.

Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Akasara.

Rahman, A. N. (2021). MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA

MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER (STUDI DI

SEKOLAH DASAR ANAK SALEH MALANG). Primary Education Journals

(Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33379/PRIMED.V1I2.724

Risaldy, S. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Luxima.

Sauri, S. (2017). MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBINAAN

PROFESIONALISME GURU BERBASIS PENDIDIKAN NILAI. BMC Public

Health, 5(1), 1–8. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Singer, I. W. (2015). Pendidikan Karakter Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Pusaka

Manikgeni.

Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing

characters based on local wisdom of bali in teaching physics in senior high school.

Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306–312.

https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681

Suhardana. (2007). Tri Kaya Parisuda Bahan Kajian untuk Berpikir Baik, Berkata Baik

dan Berbuat Baik. Paramita.

Sujiono. Y.R. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Widya, W., Indrawati, E. S., Muliani, D. E., & Ridhatullah, M. (2019). Design of

Integrated Science Learning Materials Based on Creative Problem Solving Model

Integrated with Anti-Corruption Characters. Kasuari: Physics Education Journal

(KPEJ), 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37891/KPEJ.V2I2.103

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

I Gede Arya Wiradnyana, I Putu Yoga Purandina, & Komang Agus Budhi Arya Pramana. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI: PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 101–109. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2421
Abstract viewed = 69 times