PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI

PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI

Penulis

  • I Gede Arya Wiradnyana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Komang Agus Budhi Arya Pramana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2421

Kata Kunci:

pendidikan karakter, tri kaya parisudha, pratama widya pasraman saraswati

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan metode-metode pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru di Pratama Widya Pasraman Saraswati dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah di Pratama Widya Pasraman Saraswati. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan temuan sebagai berikut: (1) metode-metode pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati terfokus pada metode keteladanan dan metode pembiasaan , (2) nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, yaitu: berpikir positif, religius, meyakini hukum sebab akibat (karma phala), berkata sopan, berkata jujur, kasih sayang, berbuat jujur, peduli sesama dan lingkungan, dan disiplin, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha terbagi atas kendala internal yang bersumber dari kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter bermuatan tri kaya parisudha dan kendala eksternal yang bersumber dari keterlibatan orang tua.  

Referensi

Astawan, I. G. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Trikaya

Parisudha di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan,

(1), 1–18. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p001

Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Erlangga Press.

Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI

MADRASAH. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445–450.

https://doi.org/10.15548/JT.V20I3.41

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A.

Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Akasara.

Rahman, A. N. (2021). MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA

MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER (STUDI DI

SEKOLAH DASAR ANAK SALEH MALANG). Primary Education Journals

(Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33379/PRIMED.V1I2.724

Risaldy, S. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Luxima.

Sauri, S. (2017). MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBINAAN

PROFESIONALISME GURU BERBASIS PENDIDIKAN NILAI. BMC Public

Health, 5(1), 1–8. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Singer, I. W. (2015). Pendidikan Karakter Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Pusaka

Manikgeni.

Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing

characters based on local wisdom of bali in teaching physics in senior high school.

Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306–312.

https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681

Suhardana. (2007). Tri Kaya Parisuda Bahan Kajian untuk Berpikir Baik, Berkata Baik

dan Berbuat Baik. Paramita.

Sujiono. Y.R. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Widya, W., Indrawati, E. S., Muliani, D. E., & Ridhatullah, M. (2019). Design of

Integrated Science Learning Materials Based on Creative Problem Solving Model

Integrated with Anti-Corruption Characters. Kasuari: Physics Education Journal

(KPEJ), 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37891/KPEJ.V2I2.103

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

I Gede Arya Wiradnyana, I Putu Yoga Purandina, & Komang Agus Budhi Arya Pramana. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI: PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 101–109. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2421
Abstrak viewed = 78 times