PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI
PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2421Kata Kunci:
pendidikan karakter, tri kaya parisudha, pratama widya pasraman saraswatiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan metode-metode pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru di Pratama Widya Pasraman Saraswati dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah di Pratama Widya Pasraman Saraswati. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan temuan sebagai berikut: (1) metode-metode pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati terfokus pada metode keteladanan dan metode pembiasaan , (2) nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, yaitu: berpikir positif, religius, meyakini hukum sebab akibat (karma phala), berkata sopan, berkata jujur, kasih sayang, berbuat jujur, peduli sesama dan lingkungan, dan disiplin, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan tri kaya parisudha terbagi atas kendala internal yang bersumber dari kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter bermuatan tri kaya parisudha dan kendala eksternal yang bersumber dari keterlibatan orang tua.
Referensi
Astawan, I. G. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Trikaya
Parisudha di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan,
(1), 1–18. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p001
Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Erlangga Press.
Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI
MADRASAH. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445–450.
https://doi.org/10.15548/JT.V20I3.41
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A.
Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Akasara.
Rahman, A. N. (2021). MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA
MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER (STUDI DI
SEKOLAH DASAR ANAK SALEH MALANG). Primary Education Journals
(Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33379/PRIMED.V1I2.724
Risaldy, S. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Luxima.
Sauri, S. (2017). MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBINAAN
PROFESIONALISME GURU BERBASIS PENDIDIKAN NILAI. BMC Public
Health, 5(1), 1–8. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Singer, I. W. (2015). Pendidikan Karakter Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Pusaka
Manikgeni.
Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing
characters based on local wisdom of bali in teaching physics in senior high school.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306–312.
https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681
Suhardana. (2007). Tri Kaya Parisuda Bahan Kajian untuk Berpikir Baik, Berkata Baik
dan Berbuat Baik. Paramita.
Sujiono. Y.R. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Widya, W., Indrawati, E. S., Muliani, D. E., & Ridhatullah, M. (2019). Design of
Integrated Science Learning Materials Based on Creative Problem Solving Model
Integrated with Anti-Corruption Characters. Kasuari: Physics Education Journal
(KPEJ), 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37891/KPEJ.V2I2.103
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 I Gede Arya Wiradnyana, I Putu Yoga Purandina; I Putu Yoga Purandina; Komang Agus Budhi Arya Pramana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.