OBSTACLES IN IMPLEMENTING MERDEKA CURRICULUM IN HINDU EDUCATION: A CIPP STUDY IN DENPASAR SCHOOLS
DOI:
https://doi.org/10.25078/vidyottama.v9i1.4849Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kendala yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan pendidikan karakter siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Denpasar, ditinjau dari dimensi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan model CIPP. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk hasil penelitian berupa kendala internal dan eksternal yang dihadapi siswa dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka pada pendidikan agama dan karakter Hindu, menunjukkan bahwa siswa lebih banyak yang tidak mengalami kendala di ketiga lokasi penelitian. Simpulan dalam penelitian ini adalah implementasi kurikulum Merdeka pada pembelajaran agama dan akhlak Hindu baik di SMA N 1, SMA N 4 dan SMA N 7 Denpasar sudah efektif dan hanya beberapa siswa saja yang mengalami kendala.
Referensi
Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723
Gunawan, A. W. (2007). Manage Your Mind for Success (3rd ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.
Haudi. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan (hadion wijoyo (ed.); 1st ed.). CV Insan Cendekia Mandiri.
Maddinsyah, A., Kustini, E., & Syakhrial, S. (2018). Penyuluhan Manajemen Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Kampung Ciboleger Lebak - Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 71–80.
Muliani, Ni Made. (2024). CIPP Model Evaluation on the Implementation of the Merdeka Curriculum in Hindu Religious Education and Character Learning at Senior High School in Denpasar. Denpasar. International Journal of Instructions & Language Studies, 2(1), 13-22
Supriyati, N., & Suryani, E. (2016). Peranan, Peluang dan Kendala Pengembangan Agroindustri di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 24(2), 92. https://doi.org/10.21082/fae.v24n2.2006.92-106
Widyastono, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 265–274. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.460




