PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING BERBANTUAN“RAMAYANA”
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.861Kata Kunci:
PBL, Ramayana, Hasil Belajar Pendidikan Agama HinduAbstrak
Penelitian tindakan Sekolah ini dilaksanakan dengan tujuan Meningkatkan kualitas penelitian tindakan kelas ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu siswa pada materi yadnya setelah diterapkannya pembelajaran Problem Bassed Learning berbantuan “Ramayana” (Rangkaian Analisis Materi Yadnya). pada Siswa Kelas X IPS 1 Semester Genap di SMA Negeri 1 Susut Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus,dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali pertemuan.
Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa yang menjadi subyek adalah 22 orang siswa. Subyek ini dipilih karena berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan terlihat kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas X IPS 1 masih rendah. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan agama Hindu khususnya pada materi yadnya.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap hasil penelitian yang telah dibahas dalam bab IV, diperoleh data hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Susut semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 pada materi yadnya mengalami peningkatan di tiap siklus. Yakni dari prasiklus ke siklus I, dari prasiklus ke siklus II, dan dari siklus I ke siklus II, dengan peningkatan skor hasil belajar, secara berurut sebesar 7.50 poin, 17.88 poin, dan 10.38 poin. Sementara itu ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan. Dari 55 % pada prasiklus menjadi 86 % pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II. Dengan tercapainya hasil belajar yang meningkat, maka model ini cocok diterapkan oleh siswa dalam proses pembelajaran sehari-hari. Maka dapat disimpulakan penerapan model Pembelajaran Problem Basssed Learning berbantuan “Ramayana” dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama hindu siswa kelas X IPS 1 smester ganjil tahun Pelajaran 2018/2019.