PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU SELAMA MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN (PPG DALJAB) SECARA DARING
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v11i1.3676Kata Kunci:
In-service Teacher Professional Education (PPG Daljab), OnlineAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru Pendidikan Agama Hindu selama mengikuti PPG Daljab secara daring.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Hindu di seluruh Wilayah Republik Indonesia yang mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) secara daring. Teknik penentuan informan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, dan teknik analisis data secara kualitatif dengan tahapan; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh guru Pendidikan Agama Hindu selama mengikuti PPG Daljab secar daring antara lain: permasalahan yang berasal dari peserta didik itu sendiri, permasalahan berkaitan dengan kurikulum, permasalahan saran dan prasarana, permasalahan terkait dengan pengelolaan/manajemen dalam penyelenggaraan PPG Daljab, serta permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan.