PENGUATAN SAINS MAKHLUK HIDUP MELALUI AJARAN TRI PRAMANA (SABDA, BAYU, IDEP) PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v11i2.3659Kata Kunci:
Sains Makhluk Hidup, Tri Pramana (Sabda Bayu Idep)Abstrak
Sains adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Kegiatan sains memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda, baik benda hidup (makhluk hidup) maupun benda tak hidup yang ada di sekitarnya. Siswa Kelas I Sekolah Dasar masih tergolong anak usia dini yang membutuhkan penguatan pengenalan sains tentang makhluk hidup. Dalam ajaran agama Hindu terdapat Tri Pramana yang berarti tiga kekuatan yang dimiliki makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan yang bertujuan mendeskripsikan penguatan pengenalan sains tentang makhluk hidup melalui ajaran Tri Pramana (Bayu, Sabda, Idep) pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa penguatan pengenalan sains tentang makhluk hidup melalui ajaran Tri Pramana pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar adalah suatu upaya meningkatkan pemahaman melalui strategi belajar bermakna terhadap kegiatan eksplorasi serta pengelompokan makhluk hidup secara sederhana, yang terdiri atas tumbuhan, hewan dan manusia. Kelompok Eka Pramana yaitu makhluk hidup yang hanya memiliki satu kekuatan dalam hidupnya (Bayu) contohnya adalah tumbuh-tumbuhan, kelompok Dwi Pramana yaitu makhluk hidup yang memiliki dua kekuatan dalam hidupnya (Bayu, Sabda) contohnya hewan, dan Kelompok Tri Pramana yaitu makhluk hidup yang dalam hidupnya memiliki tiga kekuatan (Bayu, Sabda, Idep) contohnya adalah manusia.