PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v11i1.3658Kata Kunci:
21st century learning, education management; humanistic approach, child friendly schoolAbstrak
Paradigma pembelajaran abad 21 mengarah menuju : a) students centre learning; b) pembelajaran tidak terpusat di satu tempat c). mengurangi kebutuhan sarana ruang belajar, (fisik) dan penggunaan kertas (paperless). d) pelatihan/sosialisasi cenderung yang terkait dengan penggunaan aplikasi (skill). e) tuntutan untuk dapat mengetahui /membaca big data (data literation) , kemampuan untuk memahami system aplikasi (technology literation), dan humanitis (human literation). Perubahan model pembelajaran ini sudah pasti dibarengi dengan perubahan manajemen pendidikan. Implementasi manajemen pendidikan dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah, satuan pendidikan, (kepala sekolah & guru), orangtua, dan siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan cara colaborasi, tanggungjawab dan etika dengan menerapkan pendekatan humanistik. Metode yang dipergunakan adalah melalui telaah litaratur atau mengkaji literature yang memiliki relevansi dengan pembelajaran teknohumanistik. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pemerintah, satuan pendidikan, kepala sekolah, guru, dan orang tua harus dapat menciptakan regulasi, dan menyediakan fasilitas pendidikan yang aman, nyaman bagi anak-anak atau menyediakan tempat belajar (sekolah) yang ramah anak, terbebas dari masalah-masalah perundungan, kekerasan, intoleran, dan diskriminasi.
Kata kunci : pembelajaran abad 21; manajemen pendidikan; pendekatan humanistik.
sekolah ramah anak.