POTENSI PURANA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN GENERASI MUDA HINDU DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v11i1.3530Kata Kunci:
Puranas, Hindu Youth, Society 5.0Abstrak
Abstrak
Generasi muda adalah generasi yang akan memikul beban dan cita-cita bangsa di masa depan. Tantangan ini menjadi semakin berat karena dunia kini menghadapi era Society 5.0, di mana masyarakat menjadi pusat inovasi untuk membuka peluang-peluang baru dalam hal kemakmuran. Untuk itu, generasi muda Hindu harus selalu siap untuk mengembangkan ide-ide produktif dengan tetap berpijak pada ajaran agama Hindu. Salah satu bagian dari kitab suci Weda Smerti, yaitu Purana, dianggap sebagai media pendidikan yang cocok bagi generasi muda Hindu untuk memiliki karakter Suputra dan juga produktif. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai potensi cerita-cerita Purana yang dapat digunakan sebagai media pendidikan bagi generasi muda Hindu. Penelitian ini juga merumuskan beberapa permasalahan, yaitu terkait peran generasi muda Hindu di era Society 5.0, hakikat Purana, dan pemanfaatan Purana sebagai sarana pemberdayaan generasi muda Hindu. Dengan menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif dan studi literatur serta menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Purana memiliki potensi yang besar sebagai media edukasi baik dalam bentuk seni rupa, seni rupa murni, buku, komik dan juga miniatur mainan.
Kata kunci: Purana, Generasi Muda Hindu, Society 5.0