STRATEGI PEMBELAJARAN DI PASRAMAN SD NO 1 DARMASABA DALAM RANGKA MENINGKATKAN SRADHA DAN BAKTI
STRATEGI PEMBELAJARAN DI PASRAMAN SD NO 1 DARMASABA DALAM RANGKA MENINGKATKAN SRADHA DAN BAKTI
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.32Kata Kunci:
strategi, pembelajaran, pasraman, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran di pasraman SD No. 1 Darmasaba dalam rangka meningkatkan Sradha dan Bakti. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian observasi alamiah. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan observasi. Sumber data berasal dari hasil wawancara dan observasi serta dokumen-dokumen kegiatan pembelajaran di pasraman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta studi dokumen. Data yang telah terkumpul dilakukan proses triangulasi sumber. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam pasraman SD Negeri 1 Darmasaba adalah Student centered yang merupakan strategi belajar menjadikan siswa sebagai pusat dan fokus belajar dan strategi pembelajaran kreatif dengan metode praktek bersama.