MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN IMPLIKASINYA BAGI INDONESIA EMAS 2045

Penulis

  • Made Mardika SD Saraswati 6 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/gw.v10i2.2913

Kata Kunci:

Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Hindu, Indonesia Emas 2045.

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa. Namun meskipun demikian, kualitas pendidikan di negara Indonesia masih jauh dari kata maju dan terdepan. Atas dasar tersebut, lahirlah program Merdeka Belajar dari pemerintah Indonesia untuk menjawab permasalahan tersebut. Guna menjembatani program tersebut, perlu dukungan dan pandangan dari berbagai sisi, termasuk dari perspektif Pendidikan Agama Hindu. Berdasar pada problematika tersebut, peneliti melalui tulisan ini tertarik mengkaji program Merdeka Belajar dalam perspektif Pendidikan Agama Hindu. Dari sana, lahirlah tiga rumusan masalah, yaitu hakikat Merdeka Belajar, Perspektif Pendidikan Agama Hindu terhadap Merdeka Belajar, serta implikasinya untuk terciptanya Indonesia Emas 2045. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hakikat Merdeka Belajar sebagai program yang urgen bisa didukung oleh pandangan luhur dari Pendidikan Agama Hindu untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01
Abstrak viewed = 64 times