PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUIS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi mata pelajaran PAH dan Budi Pekerti Siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Waway Karya)
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v10i2.2399Abstrak
Rendahnya aktivitas siswa serta proses pembelajaran yang monoton dan kurang variatif menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Peketi siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Waway Karya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk sampel kuasi eksperimen adalah kelas VIII. Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah 8 siswa untuk kelas eksperimen berjumlah 8 siswa, dan untuk kelas kontrol berjumlah 8 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran Kuis Kelompok, lembaran observasi aktivitas siswa, dan tes prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus yang masing–masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, sehingga semuanya terdiri dari 6 pertemuan. Kelas dibagi menjadi 3 kelompok sehingga siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, baik secara mental maupun fisik untuk menguasai materi yang disampaikan oleh guru di dalam kelompoknya masing–masing, untuk nantinya disampaikan di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran ini diperoleh peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.