PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

Penulis

  • Ayu Kadek Tri Bhuana
  • I Made Wiguna Yasa
  • Ni Nyoman Mariani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/gw.v9i2.1647

Abstrak

Abstrak

Pandemi covid-19 membawa pengaruh bagi semua aspek kehidupan termasuk pada dunia pendidikan khususnya pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang beragama Hindu berjumlah 227 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 69 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan 22 butir pernyataan. Semua butir pernyataan dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan mementukan skor terrendah, skor tertinggi, rata-rata ideal (Mi) dan Standar Deviasi ideal (SDi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebanyak 22 responden (31,88%) mempunyai persepsi yang sangat baik, 25 responden (36,23%) mempunyai persepsi yang baik, 21 responden (30,43%) mempunyai persepsi yang cukup, 1 responden (1,45%) mempunyai persepsi tidak baik, dan tidak ada responden mempunyai persepsi yang sangat tidak baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebagian besar adalah baik.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

 

 

              

              

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-01 — Diperbaharui pada 2022-09-01

Versi

Abstrak viewed = 200 times