ESENSI KONSEP TRI HITA KARANA PADA PEMBELAJARAN DARING SD DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.16Kata Kunci:
covid 19, Tri Hita karana, Pembelajaran daring, penanaman karakterAbstrak
Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada segala aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek pendidikan. Pendidikan di masa Covid-19 ini mengalami perubahan sistem, yang dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran tatap maya atau pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring mengakibatkan terbatasnya kegiatan belajar mengajar yang dapat dilakukan sehingga timbulnya kekhawatiran adanya ketidakmaksimalan penyampaian materi ajar dan utamanya tidak adanya Pendidikan karakter yang ditanamkan. Penanaman karakter sangat berkaitan dengan ajaran Tri Hita Karana, karena saat ini ajaran Tri Hita Karana sudah dapat diberlakukan secara umum sebagai pedoman hidup masyarakat. Sehingga dengan hal-hal yang disebutkan, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah pada pembelajaran yang dilaksanakan secara daring telah mengandung esensi konsep Tri Hita Karana, serta menganalisis bagaimana esensi konsep Tri Hita Karana ini diberlakukan pada pembelajaran daring. Penggalian informasi dan pencarian data dilakukan dengan metode studi literatur dengan melalui tahapan penentuan ide, pelaksanaan studi literatur, analisa hasil dan penarikan kesimpulan. Sehingga hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa esensi konsep Tri Hita Karana sudah tercakupkan pada pembelajaran daring yang dilaksanakan pada jenjang SD sebagai upaya penanaman nilai karakter melalui konsep Tri Hita Karana yang terkandung pada pembelajaran yang diberikan secara tersirat kepada peserta didik.