PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI SMA TP 45 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v5i1.3952Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Media Komunikasi, Komunikasi VisualAbstrak
Pendidikan merupakan proses penting yang membentuk kehidupan individu dan masyarakat sebagai a utuh. Ini mencakup perolehan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan wawasan yang memungkinkan seseorang untuk melakukannya mengembangkan seluruh potensinya dan berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat. Tujuan umum dari hal ini penelitiannya adalah untuk memahami penggunaan media komunikasi visual dalam melaksanakan metode pembelajaran di SMA TP 45 Denpasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis. Lokasi pelaksanaan penelitian di SMA TP 45 Denpasar. Peneliti menggunakan jenis data deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara mendalam terhadap informan dan responden. Wawancara dan observasi dilakukan secara tatap muka pada bulan Oktober hingga November 2023. Data sekunder dalam penelitian ini ada di berupa data pendukung, seperti dokumentasi, studi literatur dan referensi lainnya. Data Instrumen pengumpulan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, alat perekam, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran kegiatan di Kelas XII SMA TP 45 Denpasar. Penelitian ini menggunakan teknik data berupa teks naratif yang dilengkapi dengan bagan atau tabel untuk mendukung penyajian data. Teori yang digunakan dalam hal ini penelitiannya adalah teori behavioralisme, hambatan komunikasi dan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komunikasi visual di SMA TP 45 efektif meningkatkan keterlibatan siswa dengan memperjelas konsep menggunakan gambar, diagram dan video. Namun, terdapat hambatan fisiologis, semantik dan psikologis yang dapat mempengaruhi siswa memahami. Pendekatan audio visual didukung oleh teori perilaku dan mempunyai dampak positif implikasi. Saran yang diberikan antara lain perbaikan sarana dan prasarana yang dilakukan sekolah kepala sekolah, meningkatkan inovasi guru dalam merancang media pembelajaran, dan melaksanakan penelitian tindakan kelas terkait penggunaan media komunikasi visualReferensi
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93–106. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Asikin, Z. (2024). Efektivitas Media Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah IPA dan Matematika (JIIM), 2(1), 12–16. https://doi.org/10.61116/jiim.v2i1.467
Dewi, A. A. S., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2022). Video Pembelajaran pada Muatan Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.31272
Dimbleby, R., & Burton, G. (1998). More than Word: An Introduction to Communication. London: Routledge.
Haka, N. B., Makrupah, S., & Anggoro, B. S. (2020). Pengembangan Website Online Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 66–76. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/20782
Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., & Cici, F. B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2580–2586. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3056
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Listiaji, P., Maryanto, H., Sugiyanto, S., & Susanto, H. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Smartphone Berbasis Android Sebagai Pendukung Pembelajaran Fisika SMA Materi Hukum Gravitasi Newton. Jurnal WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 216–223. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.15365
Mahmudi, M. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STM YKPN.
Miarso, Y. (1984). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nurfaizi, M., Ramdhan, B., & Juhanda, A. (2022). Efektivitas Media Augmented Reality Berbasis Smartphone terhadap Kompetensi Komunikasi Visual dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 99–109. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18857
Pujileksono, S. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Raharjo, R. (1984). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Pers.
Rohim, S. H. (2016). Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudjana, N., & Rivai, A. (1991). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sumarni, W., Soeprodjo, S., & Rahayu, K. P. (2009). Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 345–353. https://doi.org/10.15294/jipk.v3i1.1264
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 113–122. https://doi.org/10.23887/jipgsd.v10i1.46320
Widjaya, I. N., & Musha, R. I. (2022). Hambatan Komunikasi Melalui Berbagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh dari Perpsektif Siswa. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), 16850–16866. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.12959.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi





