STRATEGI KOMUNIKASI PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA ( PHDI) DALAM PEMBINAAN UMAT HINDU DI KOTA KENDARI TAHUN 2020-2021

Penulis

  • Widi Astuti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Yuliani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nyoman Sueca Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i2.2711

Abstrak

         Parisada Hindu Dharma Indonesia atau biasa di singkat PHDI merupakan majelis tertinggi lembaga keagamaan Umat Hindu, yang didirikan untuk melayani Umat Hindu dalam meningkatkan Sraddha dan Bhakti berdasarkan Kitab Suci Weda, serta mengatur dan mengembangkan Umat Hindu dalam mempertinggi kesadaran hidup keagamaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti terkait “Strategi Komunikasi Parisada Hindu Dharma Indonesia dalam Pembinaan Umat Hindu Di Kota Kendari Tahun 2020-2021”, dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana strategi komunikasi Parisada Hindu Dharma Indonesia dalam pembinaan Umat Hindu ? 2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung komunikasi Parisada Hindu Dharma Indonesia dalam pembinaan Umat Hindu? 3) Bagaimana implikasi komunikasi Parisada Hindu Dharma Indonesia dalam pembinaan Umat Hindu di Kota Kendari tahun 2020-2021?

       Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori komunikasi terapeutik, teori interaksionisme simbolik, dan teori behavioeisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun temuan hasil penelitian, adalah: 1). Strategi komunikasi yang diterapkan oleh PHDI Kota Kendari dalam pembinaan meningkatkan Sraddha dan Bhakti Umat Hindu di Kota Kendari adalah komunikasi publik, komunikasi persuasife, dan komunikasi langsung 2) faktor-faktor yang menjadi hambatan dan pendukung PHDI dalam proses pembinaan yaitu adanya faktor internal dan eksternal 3) Implikasi/dampak yang di hasilkan dari pembinaan yang dilakukan oleh PHDI Kota Kendari kepada Umat Hindu yang ada di Kota Kendari adalah adanya peningkatan serta pemahaman Sradhha dan Bhakti tentang ajaran agama yang dianutnya.

Referensi

Abidin, Y.Z, 2015. Manajemen komunikasi (filosofi, konsep, dan aplikasi). Bandung: Pustaka Setia.

Adi Rosadi, Muh. Hasan Marwiji, Eneng Yeni Mariah. 2021. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). (Jurnal Jendela Pendidikan. Agustus 2021).

Aditya Bakti. Fauziah, L. 2020. Strategi Komunikasi Pengasuh dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak. Mataram: Universitas Islam Negeri.

Arikunto, S. 2002. Prosedur suatu penelitian pendekatan praktek. Edisi Revisi kelima, Penerbit Rineka Cipta : Jakarta

Ahmad, Imam IN.2009. Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Aanak Sejak Dini. Yogyakarta : Diva Press.

Arni, Muhammad, 2017. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Cangara, Hafied, 2017. Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi, Ghalia Indonesia : Jakarta Chotimah, Chusnul. 2015. Komunikasi Pendidikan Teori dan Prinsip Dasar Komunikasi Prespektif Islam. Yogyakarta: Lingkar Media.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.

D. S. 2004. Acuan umum Pelayanan Anak di Panti Sosial Asuhan Anak. Jakarta: Departemen Sosial RI. Effendy, & Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Effendy, O. U. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung: PT. Mandar

Fazryah, Nurul. 2022. Strategi Komunikasi Dalam Proses Pebelajaran Online Pada Dosen Dan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Angkatan 2019. Diploma thesis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Fill, Chris. 2020. Marketing Communication: Interactivity, Communities And Content. London: Pearson Education

Diterbitkan

2023-09-01
Abstrak viewed = 112 times