Integrated Marketing Communication PT. Bank Mandiri Taspen Capem Renon Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i1.2611Abstrak
ABSTRAK
- Bank Mandiri Taspen Capem Renon merupakan industri perbankan yang merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri yang ingin mendapatkan nasabah yang selalu loyal dalam menggunakan produk dan layanannya. PT. Bank Mandiri Taspen Capem Renon sebelumnya kurang dikenal oleh masyarakat dan instansi lain, karena minimnya update promosi terutama dari media sosial. Oleh karena itu, PT. Bank Mandiri Taspen Capem Renon perlu menerapkan konsep integrated marketing communication (IMC), untuk memahami konsep tersebut peneliti menarik tiga rumusan masalah yaitu: (1) Implementasi IMC dalam meningkatkan citra, (2) Hambatan komunikasi dalam proses implementasi IMC , dan (3) implikasi yang diperoleh dalam proses implementasi IMC.
Berdasarkan rumusan tersebut maka teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah tersebut adalah: (1) Teori Bauran Promosi, (2) Teori Hambatan Komunikasi, dan 93) Teori SOR. Penelitian ini bertempat di PT. Bank Mandiri Taspen Capem Renon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dengan pedoman dibantu alat penelitian voice recorder dan handphone, kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Temuan dari penelitian ini adalah pada implementasi PT. Bank Mandiri Taspen Capem Renon menggunakan konsep IMC dengan menggunakan unsur-unsur promosi yaitu beriklan dengan menggunakan media cetak dan media sosial, personal selling dengan menggunakan sistem jemput bola kepada nasabah, promosi penjualan memberikan reward kepada nasabah setia, hubungan masyarakat dengan melaksanakan workshop atau seminar dan juga pengabdian masyarakat. Selama proses implementasi tentunya terdapat kendala yaitu hambatan proses komunikasi, hambatan fisik, hambatan kerangka berpikir, dan hambatan teknis. Selama proses pemasaran dengan konsep IMC tentunya akan ada implikasi yang berdampak pada seluruh karyawan dan juga PT. Bank Mandiri Taspen yaitu implikasi internal yang berdampak pada masyarakat mengenai keberadaan PT. Bank Mandiri Taspen, implikasi komunikasi pemasaran yang berdampak pada media promosi yang dilakukan, serta implikasi konsep IMC.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu, PT. Bank Mandiri Taspen, Loyalitas Pelanggan
Referensi
Agung, & Poerwadarminta, W. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Alo, L. (2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana.
Budyatna, Muhammad., dan Leila Mona Ganiem. (2014). Teori Komunikasi Antarpribadi. Prenada Media Group: Jakarta
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:: Rajawali Pers.
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.
Effendy, & Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Effendy, O. U. (1989). KAMUS KOMUNIKASI. Bandung: PT. Mandar Maju.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Lickona,T.(2012).Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Maswinara, I.W. (Gayatri Sadhana (Maha Mantra Menurut Weda)). 2009. Surabaya: Paramita.
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir, A. (2011). Pendidikan Karakter Menbangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rusman. (2011). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Yasir. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.
Zubaedi, (2011). Pendidikan Karakter: Konsep
dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sutriyanti, N. K. (2016). Mutu Pendidikan Karakter Melalui Peran Orang Tua Dalam Keluarga. Peningkatan Jurnal Penjaminan Mutu: IHDN Denpasar., 77-78.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi