Strategi Komunikasi Pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i2.2358Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang di lakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data yang antara lain adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Sehingga teknik analisis data dalam penelitian ini adalah semua data yang dianalisis sejak observasi dan wawancara mendalam, dideskripsi, diklasifikasi, dianalisis dan diinterpretasi sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan agar hasil yang diproleh benar-benar dapat dipertanggungjawabkan serta diproleh pemahaman yang lebih luas tentang komunikasi pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali mengoptimalkan promosi melalui media sosial serta dengan event-event yang berbasi kebudayaan dengan kearifal local yang menjadi siri khas daerah Bali, komunikasi pariwisata dilakukan dengan merancang promosi melalui pengotimalan media sosial untuk menyebarkan alat promosi yang telah dirancang baik berupa video, poster, dan lain sebagainya pada masa pandemi covid-19 dengan pembatasan kegiatan yang ada dan implikasi strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan yaitu jangkauan promosi menjadi semakin luas serta mengefektifkan dan mengefisienkan promosi yang dilakukan.
Referensi
Ambarawa, Anak Agung. (2011). Evaluasi Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam Event Pesta Kesenian Bali Untuk Menarik Wisatawan Mancanegara. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi: Suatu Pengantar Ringkas. Bandung: Arnico.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Basu, Swastha. (1984). Azas-azas Marketing. (Edisi Ketiga). Jogyakarta: Liberty.
Bhinadi, Ardito. (2005). Kampanye Komunikasi Pemasaran Daerah Melalui Branding Communication. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No.1. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN.
Birowo, M.Antonius. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Teori dan Aplikasi. Yokyakarta: Gitanyali.
http://bisnisbali.com/pkb-2022-jadi-tongak-kebangkitan-pariwisata/
Brannan, Tom. (2005). Integrated Marketing Communication. Jakarta : PPM.
Bugin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata. Jakarta : Prenadamedia Group
Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.
Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Gravindo Persada.
Creswell, Jhon W (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Isdarmanto, SE, MM, M Par, (2017) Gerbang Media Aksara.
Dina, Purtanto Agus. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Event dalam Pembentukan Brand Equity. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Doembana, Rahmat A, Farhan M. Buku Ajar Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran.
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Erlina, Dewi, Syahlidra Rahmat. (2014). Evaluasi Spesial Event Periodik Lenmarc Mall 2013. Jurnal Komunikasi VOL 2. NO.2 TAHUN 2014. Surabaya: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra.
Evelina, Lidia. (2009). Event Organizer Pameran. Jakarta: Indeks. Goldblatt, J., Dr., CSEP. (2002). Special Events (3rd ed.).
Gulo, W (2002) Metodelogi Penelitian, Gramedia widiasarana, Jakarta, Indonesia.
Implementasi dan implikasi Kelembagaan Pemasaran Pariwisata yang bertanggung jawab, Ike Janita Dewi, (2011), Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.
Katalog Statistik Wisatawan Mancanegara ke Bali, (2019) Badan Pusat Statistik Bali.
Kavoura, Androniki (2014). Economic and Social Aspects from Social Media's Implementation as a Strategic Innovative Marketing Tool in the Tourism Industry
Rimsky K. Judisseno (2019). Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata.
Septiani, Ni Luh Putu. 2019. Efektivitas Bali Go Live sebagai Media Promosi Digital Pariwisata Bali. Jurnal IPTA.
Stephen W. Littlejohn, Karen A. Foss. Teori Komunikasi Edisi 9, Salemba Humanika (2019).
Strategi Komunikasi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan objek wisata kabupaten Banggai, Suanti Tanggala, Ken Amasita Saajad, 2019, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Luwuk.
Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk meningkatkan Kunjungan wisatawan di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen, Sumiyanti, Lilik Murdianto (2018), Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid, Jakarta.
Uthami, Saskia. (2020). Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi. Bogor: Institusi Pertanian Bogor.
USA: John Wiley& Sons Inc. Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Jefkins. Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi