PENGARUH MEDIA SEGEHAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KREATIVITAS SAINS PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v9i2.3964Kata Kunci:
Science Knowledge, Creativity, Early Childhood ChildrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Segehan terhadap kemampuan kognitif dan kreativitas siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 59 siswa kelompok B TK desa Pemaron. Sampel untuk penelitian ini dipilih secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Pendekatan pengumpulan datanya adalah observasi, diukur dengan menggunakan alat penelitian. Uji MANOVA dilakukan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Segehan Sanga Warna memberikan dampak terhadap perkembangan kognitif dan kreativitas siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung.
Referensi
Anggreni, I. G. A. I., I. M. Suara, I. K. N. Wiyasa, and M. Kes. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Sains Dalam Mencampur Warna Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di TK Titi Dharma Denpasar.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 2(1).
Astuti, Y., and N. Nurhafizah. 2022. “Pengembangan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(5):5329–5342. https://doi:10.31004/obsesi.v7i5.5247.
Candiasa. 2010. Statistik Univariat Dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Damayanti, A. 2020. “Meningkatkan Kreativitas Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna Di PAUD Permata Hati Desa Jampang.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 2(2):88–94.
Fitria Reviani, M., N. Kholidah, and R. Insani Setyowati. 2023. “Kapasitas Guru Sebagai Fasilitator Dalam Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini.” Jurnal Bocil, Journal of Childhood Education Development and Parenting 1(2):99–103.
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Grasindo.
Hasibuan, R., and D. Suryana. 2020. “Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Pengetahuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1169–1179. https://doi:10.31004/obsesi.v6i3.1735.
Ibda, F. 2015. “Pengetahuan Sains: Teori Jean Piaget.” Intelektualita 3(1):242904.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2):3011–24. https://doi:10.31004/edukatifv4i2.2589.
Majebi, O. I., and Y. G. Akin. 2023. “Effects of Game-Based and Exploratory Strategies on Science Content Knowledge and Science Processing Skills of Pre-Primary Children Effects of Game-Based and Exploratory Strategies on Science Content Knowledge and Science Processing Skills of Pre-Primary.” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies (IJECES 12(1):94–111. https://doi:10.15294/ijeces.v12i1.56850.
Mardhiyana, Dewi, and Endah Octaningrum Wahani Sejati. 2016. “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1):672–88.
Nisfa, N. L., L. Latiana, Y. K. S. Pranoto, and D. Diana. 2022. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial Dan Emosi Anak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6):5982–5995. https://doi:10.31004/obsesi.v6i6.3032.
Rahmah, R. 2019. “Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Ii Melati Kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 1(2):89. https://doi:10.24014/kjiece.v1i2.6656.
Safitri, L., M. Susanti, C. Anggun, S. Wahyuni, F. Yusmar, and U. Nuha. 2023. “Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila.” Studi Literatur. Jurnal Muara Pendidikan 8(1):223–229. https://doi:10.52060/mp.v8i1.1227.
Sari, M. L., L. Asmawati, and C. Atikah. 2022. “Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Kreativitas Sains Dan Literasi Sains Anak Usia Dini.” JTPP (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal 8(1).
Sativa, F. E., and B. N. Buahana. 2024. “Penarapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Pencampuran Warna Terhadap Pengetahuan Sains Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di PAUD Nurul Iman.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(2):1322–1326. https://doi:10.29303/jipp.v9i2.2310.
Shalehah, N. A. 2023. “Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 5(1):70–81. https://doi:10.33387/cahayapd.v5i1.6043.
Subhkan, Edy, and Dinn Wahyudin. 2024. Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum. Riset: dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suharjana, Panggung Sutapa. 2019. “Improving Gross Motor Skills by Kinaestheticandcontemporary-Based Physical Activity in Early Childhood.” Cakrawala Pendidikan 38(3):540–551. https://doi:10.21831/cp.v38i3.25324.
Suherman, W. S., S. Nopembri, and N. R. Muktiani. 2017. “Pengembangan Majeda Berbasis Dolanan Anak Untuk Mengoptimalkan Tumbuhkembang Siswa Taman Kanak-Kanak.” Cakrawala Pendidikan 36(2):220–232. https://doi:10.21831/cp.v36i2.13542.
Suttrisno, F. Z. R. 2023. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan. July.
Thejahanjaya, and Y. Yulianto. 2022. “Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Utuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto.” Jurnal DKV Adiwara 1(9).
Utama, A. 2010. “Pengetahuan Sains Peserta Didik.” Wordpress.Com 1:1–14. https://doi.org/https://ilmupsikologi.wordpress.com/2010/03/31/perkembangan-kognitif-pada-anak
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Winda Ni Luh Ika Windayani, Kadek Ari Wisudayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.