THE LEVEL OF PARENTS' UNDERSTANDING REGARDING BALANCED NUTRITIONAL FOODS AMONG THE MOTHERS OF PKK SHAMARA 2 CIBEREM BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v9i2.3962Kata Kunci:
Understanding, Parents, Balanced NutritionAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman orang tua terhadap gizi seimbang, penelitian ini dilakukan pada ibu-ibu di PKK Shamara 2 Ciberem Banyumas. berdasarkan observasi awal yang dilakukan pengelola Posyandu bahwa berat badan anak Perum Shamara 2 cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini didasari oleh anggapan bahwa penyusunan MPASI oleh orang tua tidak mengikuti prinsip gizi seimbang yang dianjurkan. Desain penelitian ini dijelaskan secara kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini terdiri dari ibu-ibu yang tergabung dalam PKK Shamara 2, Ciberem, dan Banyumas. Jumlah populasinya adalah 35 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan data deskriptif yang disajikan dalam format persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua secara umum mempunyai pemahaman yang cukup baik mengenai makanan bergizi yang sesuai untuk tumbuh kembang anak. Pengetahuan orang tua tentang pola makan yang baik dipengaruhi oleh sikap orang tua terhadap perilaku konsumsi makanan yang belum diketahui sepenuhnya, dan yang kedua oleh pemahaman yang diyakini orang tua berkaitan dengan perilaku tersebut atau norma ketidaksetujuan subyektif, dan dijelaskan dari sudut pandang kebiasaannya. apakah mereka dapat mengendalikan perilaku; Gizi yang sesuai dengan kebutuhan juga dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari, penyiapan makanan dengan gizi yang tidak seimbang dalam penerapannya, penentuan bahan makanan sesuai dengan kondisi materi dan non materi dari orang tua.
Referensi
Almatsier, S. (2009). Basic Principles of Nutrition Science.Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Birch, L.L., & Fisher, J.O. (1998). Development of eating behaviors among children and adolescents. Pediatrics, 101 (3 II SUPPL.), 539–549.
Contento, L. (2011). Nutrition Education. Linking Research, Theory and Practice. 2nd Edition. (2nd).
Inten, DN, & Permatasari, AN (2019). " Health Literacy in Early Childhood through Eating Clean Activities. "Journal of Obsession: Journal of Early Childhood Education, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188
Irianto, D. (2007). Complete Nutrition Guide for Families and Athletes. Yogyakarta. Andy.
Istiany, A., & Rusilanti. (2013). Applied Nutrition. Bandung. PT Teen Rosdakarya.
Kolopaking, R., Agus, F., Jahja, U., Umi, F. (2010). "Eating Right Makes Your Body Healthy": Balanced Nutrition Education Program for School-Age Children Using a Self-Regulation Approach. Indonesian Nutrition 33, (2), 126–135.
Mariana, ER (2011). The Role of Parents in the Golden Age for Children Aged 0-3 Years. Al'Ulum.48, 2, 27–32. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4186
Natalia, LD, Rahayuning, D, DFS (2013). " The Relationship between Family Level Food Security and the Level of Adequacy of Nutrients with the Nutritional Status of Toddlers in Gondangwinangun Village in 2012 ". Public Health Journal 2013, Number 2, Volume 2. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/ jkm
Indonesian Health Profile 2019. (2020). Jakarta: Ministry of Health of the Republic of Indonesia.
Puckett, MB, & and Black, J.. (2001). The Young Child. Development from Prebirth Through Age Eight. 3rd Edition. New Jersey. Merrill Prentice Hall.
Sajawandi. Labib Dkk, (2022), “Analisis Profil Kesiapan Keluarga Dalam Rangka Memfasilitasi Perkembangan Bahasa Anak di Rumah Pada Saat Pandemi (Studi Kualitatif Kepada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar)”, Khazanah Pendidikan, Vol. 16 No.1 Https://Dx.Doi.Org/10.30595/Jkp.V16i1.12737
Santoso, S. and Ranti, AL (2009). Health and Nutrition. PT. Rineka Cipta and PT Bina Adiaksara.
Siswanto, H. (2010). Health Education for Early Childhood. Yogyakarta. Ihama library.
Sugiyono. (2018). Quantitative, Qualitative, and R&D Research Methods. Bandung. Alphabet.
Suyanta, I Wayan Dan I Gede Sedana Suci (2024), “Storytelling As A Strategy For Overseeing Early Childhood Learning In Character Improvement At Widya Kumara Hindu State Kindergarten”, Pratama Widya, Vol. 9 No. 1. Https://Doi.Org/10.25078/Pw.V9i1.3649
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Labib Sajawandi, Dewi Ambarwati, Desti Pujiati, Tatik Ariyati, Kasiro Fatmawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.