PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH OLAHRAGA DAN SENAM ANAK USIA DINI BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v9i2.3888Kata Kunci:
Teaching Materials, Early Childhood Physical Education, Gymnastics, Islamic ValuesAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan Pembelajaran olahraga dan senam anak usia dini berbasis nilai-nilai Islam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa. Pada penelitian ini menggunakan tehnik penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Peneliti melakukan validasi ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli kurikulum, serta tanggapan mahasiswa. Pengukuran dalam pengumpul data dengan cara wawancara, menyebar kuisioner untuk validasi dan respon dari mahasiswa. Menyimpulkan hasil penelitian, rata-rata skor yang diperoleh dari ahli menunjukkan skor sebesar 81,37%, hal ini menunjukkan Klasifikasi sangat layak. Hasil konfirmasi Validasi ahli materi dengan persentase 80% dalam Klasifikasi “Layak”, kemudian verifikasi ahli media dengan persentase 85% dalam Klasifikasi “Sangat Layak”, hasil validasi ahli tata bahasa dengan persentase 82,5% dalam Klasifikasi “Sangat Layak” dengan persentase 82,5% dalam Klasifikasi “Layak”. Klasifikasi “Sangat Layak” dan validasi ahli kurikulum dengan persentase 78% dalam Klasifikasi “Layak” dan setelah dikembangkan, bahan Pembelajaran diterapkan atau diuji untuk mengecek tingkat respon mahasiswa dalam mengintegrasi nilai-nilai islam dengan presentasi 88% dalam Klasifikasi “Sangat Layak”
Referensi
Akhwani, A., & Afwan Romdloni, M. (2021). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah PembelPembelajaran an dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Aeni, A. (2015). Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Sumedang: UPI Press
Anshary. T. (2017). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah PembelPembelajaran an dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD 2017 - Indonesian Journal of Primary Education – Vol.1, No. 2 (2017) 1-12 - http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index 11 5/10/09/pengertian-pantang-menyerahrela-berkorban-dan-tanpa-pamrih [5 September 2017]
Asri. 2011.cakrawala pendidikan. jurnal ilmiah pendidikan:Universitas negri yogyakarta.
Amri dan Ahmadi, 2010. Proses PembelPembelajaran an Kreatif dan Inovatif dalam kelas, (Jakarta:PT Prestasi Pustaka Karya Pers)
Budiyono. (2000). Aplikasi olahraga senam ritmik pada anak usia dini. 10.
Badru, dkk. (2010).media pembelPembelajaran an anak usia dini.jurnal pendidikan PAUD Universitas pendidikan indonesia.
Budiyono Saputro. (n.d.). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Aswaja Presindo. https://books.google.co.id/books?id=O2nsDwAAQBAJ
E. Kosasih, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Pembelajaran . Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=UZ9OEAAAQBAJ
Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Bahan Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.
Hadi, 2022. Pengembangan Bahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal. (Jakarta:Penerbit Adab)
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf
Khawani,Ahmad, 2022. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik dan Nilai Islami Jenjang Sd/Mi Kelas V Tema 8 Subtema 1jurnal ilmuah pendidikan dasar vol 07 no 02, 2548-6950
Kurniawan, Ade, and Hayudi Hayudi. Pengembangan Buku Pembelajaran Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil.‖ Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga) 3, no. 2 (2018): 178–87. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i2.210.
Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M. P. I. (2020). Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Pendidikan Islam Dalam Menyikapi Kontroversi Belpembelajaran Membaca Pada Anak Usia Dini. Sanabil. https://books.google.co.id/books?id=SL0LEAAAQBAJ
Moh, Fahrurosi, Mohzana, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktik. (Nusa Tenggara Barat: Insan Institute)
Mohammad Amin, 2006. Panduan pengembangan Bahan Pembelajaran , (direktorat jenderal Pendidikan dasar dan menengah:depdiknas)
Muhammad Ali, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, (Jakarta: Pustaka Amani, 2001), hal. 269 Nurfadilah. (2019). penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini. 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Nana, (2020). Pengembangan Bahan Pembelajaran. (Boyolali:Jawa Tengah,Penerbit Lakeisha)
Salma Rozana, S. P. M. P., Dwi Septi Anjas Wulan, S. P. M. P., Rini Hayati, S. P. M. P., Rikha Surtika Dewi, M. P. P., & Kafkaylea, A. (2020). PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik). EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=xJj%5C_DwAAQBAJ
Sudarsini. (2016). Pendidikan Jasmani Adaptif. Penerbit Gunung Samudera (Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia). https://books.google.co.id/books?id=uX0oDwAAQBAJ
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=uTbMDwAAQBAJ
Sugiarni. (2022). Bahan Pembelajaran, Media Dan Teknologi Pembelpembelajaran An. Pascal Books.
Sudjiono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada. h. 57
Prastowo, A. 2016. Panduan Kreatif Membuat Bahan Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05
Wiguna, I. M. A. (2019). Integrasi Pendidikan Agama Hindu. 20, 57–64
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Abdul Rahman, meri hartati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.