PENERAPAN NILAI KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEGAMBEL

Penulis

  • Kadek Mardewi Widia Sari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Aisyah Durrotun Nafisah Universitas Islam Darul ‘ulum
  • Intan Regina Dwita Cahyani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3695

Kata Kunci:

Early Childhood, Discipline, Megambel Extracurricular

Abstrak

Disiplin adalah kunci menjadikan individu mudah beradaptasi dengan segala aturan-aturan yang ada di masyarakat. Terdapat berbagai metode untuk mengambangkan kedisiplinan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan guna mencari tahu bagaimana penerapan karakter disiplin pada kegiatan ekstrakurikuler megambel. Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Penelitian ini mengambil subjek penelitian sebanyak 15 anak kelompok B serta beberapa guru. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa implementasi kedisiplinan pada kegiatan ekstrakurikuler megambel diantaranya: 1) pelatih ekstrakurikuler megambel menjadi sosok teladan dengan datang lebih awal sebelum jadwal latihan dan peserta didik yang datang tidak terlambat ke tempat latihan, 2) disiplin menaati aturan, berupa guru bersama anak membuat dan menyepakati aturan serta peserta didik yang telah memahami aturan seperti langsung duduk sesuai dengan posisi alat musik masing-masing, 3) disiplin sikap, berupa tidak bermain ketika latihan ekstrakurikuler megambel berlangsung. Kesimpulan penelitian adalah bahwa melalui ekstrakurikuler megambel nilai karakter disiplin pada anak usia dini dapat dilatih.

 

Referensi

Agustiningrum, M. D. B., Marini., Kusbiantari, D., & Sari, I. T. M. (2023). Strategi Penguatan Karakter Disiplin Anak Melalui Seni Tari Tradisi di Era Industri 4.0. Jurnal Usia Dini, 9(2), 348–361. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52863

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Antara, I. G. H., & Aripaingga, I. K. T. (2020). Peran Generasi Milenial dalam Pelestarian Megambel di Bali. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar, 4(2), 173–178.

Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Arsini, N. W., Wardhani, N. K. S. K., & Sutriyanti, N. K. (2020) Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Hindu Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95–111.

Asmani, J. M. (2013). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Chandra, R. D. A., Kurniawan, N., & Lestari, L. A. (2023). Pengaruh Kegiatan Rutin Upacara Bendera terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di TK Suluh Tani Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 75–81. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1039

Dewi, I. A. P. U., & Suyanta, I. W. (2018). Sumber dan Inspirasi Belajar dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 26–40. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.590

Endriani, A. (2017). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 42–49.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan-Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kurniati, Widodo, R., & Budiono. (2018). Peranan Guru PKN dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa di MAN Malang 1. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 163–173. https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8657

Lestari, M. C. D. (2020). Stimulasi Metode Time Out dalam Menerapkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5385

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 50–67. http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Mahendradhani, G. A. A. R. (2023). Menjelajahi Hubungan Program Ekstrakurikuler dengan Pengembangan Karakter dalam Pendidikan Anak Usia Dini Formal Studi Kasus TK Kumara Bhuana. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 35–45. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2432

Muna’amah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 9(3), 355–362. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329

Nikiani, N. K. A., Dewi PF, K. A. P., & Luwih, I. M. (2021). Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Berbasis Hindu di TK Dharma Kumara IV Buduk. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Spesial, 109–115.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rahmah, S., & Zirmansyah, Z. (2019). Meningkatkan Disiplin Anak Kelompok B Melalui Permainan Tradisional Umpet Batu. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 116–125. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.574

Sugiartha, I. G. A. (1996). Bleganjur Sebuah Musik Prosesi Bali Continuitas dan Perkembangannya. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar.

Wiyani, Novan, & Ardi. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini (Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Mardewi Widia Sari, K., Nafisah, A. D. ., & Dwita Cahyani, I. R. . (2024). PENERAPAN NILAI KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEGAMBEL. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3695
Abstrak viewed = 18 times