PERMAINAN BAKIAK DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL – EMOSIONAL AUD DI TK KUMARA SANTHI

Penulis

  • Ni Ketut Sri Nariati Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Yuni Dwi Cahyani

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3685

Kata Kunci:

permaian tradisional, perkembangan sosial-emosional, anak usia dini

Abstrak

Permainan tradisional bakiak adalah permainan tradisional dan merupakan sebuah warisan budaya yang patut dilestarikan keberadaannya agar tidak hilang di makan waktu. Permaiana tradisional bakiak adalah salah satu permainan yang dapat membatu perkembangan sosial – emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk membantu mengembangkan motorik dan sosial emosional anak  sehingga dapat mencari pemecahan masalah yang terjadi di lapangan.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, Penelitian kualitatif bersifat deskriptip langkah karena itu peneliti  harus bisa mendeskipsikan setiap objek, fenomena yang terjadi dan permasalahan apa saja yang di temui kemudian dituangkan kedalam bentuk naratif. Melakukan obsevasi  dalam penelitian yang bertujuan untuk mengetahui fenomena dan memperoleh pengetahuan dari informasi yang di dapat mengenai permainan bakiak dalam Mengembangkan Sosial – Emosional.  Melalui wawancara adalah sebuah proses pengalian informasi dari narasumber  degan cara bercakap – sakap, kegiatan percakapan biasanya dilakukan oleh 2-3 orang dengan mengangkat sebuah topik pembahasan, tetap memerlukan tinjauan perpustakaan sebagai tinjauan refrensi untuk menarik sebuah pendapat. Penelitian ini menghasilkan anak dapat mengembangkan sosial –emosional melalui permainan tradisional bakiak dan anak memiliki kesiapan baik jasmani maupun rohani untuk menempuh pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini  yaitu anak dapat mengembangkan sosial – emosionalnya dengan permainan tradisional bakiak.

Referensi

Aulia - The Role of Traditional Games in Improving Sos.Pdf, n.d

Fakhriyani - 2018 - Development Of Social Skills Of Early Children Me.Pdf, N.D.

Khasanah et al. - 2012 - Traditional Play As A Media For Aspe Stimulation.Pdf, N.D.

Nugrahastuti et al. - CHARACTER VALUES IN TRADITIONAL GAMES.Pdf, n.d.

Rindani, F. 2017. Development of Social Attitudes with Traditional Clog Games for Class B I Children at RA Ma'arif Pulutan Salatiga. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Setyawan, A. 2016. Identification of Inhibiting Factors of Traditional Games in Class IV and V Students of SD Negeri 2 Percobaan Wates Kulon Progo. Yogyakarta: State University of Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Educational Research Methodology (Quantitative Approach,

Qualitative and R&B). Bandung: PT Alfabeta

Amalia, Ainna. 2018. Methods of Social Emotional Development for Early Childhood.

Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Anggito, Alibi. 2018. Qualitative Research Methodology. Jakarta: CV. Jejak

Azwar, Saifuddin. 2007. Research Methods. Yogyakarta: Student Library Offset Fahmi, et al. Thesis Writing Guidelines. 2017. Palangka Raya: Faculty of Tarbiyah and Teacher Science

Ibrahim. 2015. Qualitative Research Methodology. Bandung: Alfabeta

Irwan. 2019. Directory of Traditional Games. South Sumatra: Department of Education, Youth, Sports, and Tourism

Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). The benefits of the traditional game engklek in children's gross motor aspects. Undiksha Journal of Early Childhood Education, 9(3), 349-354.

Wahyuni, I. W., & Muazimah, A. (2020). Children's Gross Motor Development through Traditional Games "Clog Games" Based on Local Wisdom. Journal of Early Childhood Education Undiksha.

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Traditional engklek game in improving gross motor skills of early childhood. Journal of Obsession: Journal of Early Childhood Education, 6(6), 6827-6836.

Friantary, H. (2020). Language Development in Early Childhood. Zuriah: Journal of Early Childhood Education, 1(2), 127-136.

Lestari, I. (2021). Language Development in 3-4 Years Old Children. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113-118.

Sari, A. (2021). Language Development of 5-6 Years Old Children in View of Syntactic and Pragmatic Aspects. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 102-106.

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analysis of language development in early childhood in the Kunciran Health Center Area, Tangerang City in 2020. Journal for Quality in Women's Health, 4(1), 46-55.

Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M. E., & Indrawati, I. (2021). Suitability of Educational Game Tools for Aspects of Children's Language and Cognitive Development. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 200-206.

Astuti, E. (2022). The Impact of Children's Language Acquisition in Speaking on the Role of the Environment. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87-96.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Early childhood social emotional behavior. Journal of Golden Age, 4(01), 181-190.

Yulisetyaningrum, Y. (2019). Social emotional development of pre-school age children. Journal of Nursing and Midwifery Science, 10(1), 221-228.

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Methods of Early Childhood Social Emotional Development. Edu Publisher.

Dini, J. P. A. U. (2022). Early detection of gross motor in children aged 4-6 years. Journal of Obsession: Journal of Early Childhood Education, 6(1), 558-564.

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati, N. (2020). Gross Motor Development of Early Childhood. Bungamputi, 6(1).

Mahmud, B. (2019). The urgency of stimulating gross motor skills in early childhood. DIDAKTIKA: Journal of Education, 12(1), 76-87.

Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriyah, S. (2019). Gross Motor of Early Childhood. Al Athfal: Journal of Child Development Studies and Early Education Management, 2(1), 36-44.

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Traditional games. Salam Insan Mulia.

Andriani, T. (2012). Traditional games in shaping early childhood character. Social Culture, 9(1), 121-136.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Nariati, N. K. S., & Ni Made Yuni Dwi Cahyani. (2024). PERMAINAN BAKIAK DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL – EMOSIONAL AUD DI TK KUMARA SANTHI . PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3685
Abstrak viewed = 22 times