MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DI TK NEGERI HINDU WIDYA KUMARA PAYANGAN GIANYAR

MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DI TK NEGERI HINDU WIDYA KUMARA PAYANGAN GIANYAR

Penulis

  • I Wayan Suyanta Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gede Sedana Suci Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3649

Kata Kunci:

Management, Learning, Storytelling, Methods

Abstrak

Manajemen pembelajaran sangat penting untuk memberikan focus pada materi yang diberikan. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pembelajaran dengan metode bercerita dalam pengembangan karakter pada anak usia dini.. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada TK Negeri Hindu Widya Kumara di Kecamatan Payangan, Gianyar. Data dikumpulkan melalui teknik triangulasi dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian diperoleh Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita dalam pengembangan karakter dilaksanakan melalui Langkah-langkah,Perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran.

 

Kata Kunci: Manajemen; Pembelajaran; Metode Bercerita

Referensi

Agustinova,D.E.(2013).Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Studi Kasus SDIT Al Alasna Klaten).Tesis.Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Alfiah, L. N., Rokhim, D. A., & Wulandari, I. A. I. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216–223.

Annisa, N.M., Wiliah, Ade., Rahmawati, Nia. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), (35-48). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Cahyanto, Bagus, dkk. 2020. “Pendampingan Mural Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter”. Jurnal Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 2 (73-78).

Cristian Oki Candra. 2013. Pesan Visual Mural Kota Karya Jogja Mural Forum. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dirjen PAUDNI Kemdiknas, 2012. Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD Kemdiknas.

Flurentin, E. (2014). Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan kaitannya dengan Pertumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuhuruan Malang.1(1), 9-18

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hapidin, 2014. Manajemen Pendidikan TK/PAUD. Universitas Terbuka: Tangerang.

Helmawati, 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. PT. Remaja Rosydakarya: Bandung.

Hurlock, E.B. 1994. Psikologi perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi ke-5. Jakarta : Erlangga.

Lickona, T. 2012. Character Matter (Persoalan Karakter). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mattew B. Milles and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muchlas Samani dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Muhamad Sutardi, 2014, “Manajemen Gugus Paud”, Jurnal Paedagogy, Vol. 1 No.2 Edisi 2014.

Muhammad Fadlillah, 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Ar- Ruzz media:Jogjakarta.

Mulyasa, 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosyda Karya: Bandung.

Mulyasa, 2012. Manajemen Paud. PT. Remaja Rosydakarya: 2012.

Novan Ardy Wiyani, Manajemen Paud Bermutu. Gava Media : Yogyakarta. 2015.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119-127. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305

Onisimus Amtu. 2011. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Alfabeta: Bandung.

Padmi Yati, 2016. Pendidikan karakter Anak usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Lentera, Vol.XVIII. No. 1. 2016

Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30.

Pratama,M.A.E, Muhammad, F.F.R., Damar, S.A., Rafli, D.P. (2023). Degradasi Akhlak Remaja Di Era 5.0 Dalam Perspektif Islam Modern. NATHIQIYYAH : Jurnal Psikologi Islam. 6(1),11-18. DOI: 10.46781/nathiqiyyah.v6i1.691

Pratiwi, N.K.S. (2018). Pentingya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1),83 https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/908/786

Rahmatullah, Inanna, Nurlinda, Rahmadani, S. S., & Wahyuni, M. (2021). Efektifitas Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid19. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 34–39

Robert C. Bogdan & S.J. Taylor. 1975. Introduction to Qualitative Research Methods. New York: John Wiley.

Sugiyono, 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Penerbit Alfabeta.

Suryana Putra N Awangga, 2007. Desain Proposal Penelitian Panduan Tepat dan Lengkap Membuat Proposal Penelitian. Yogyakarta: Piramid Publiser.

Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2015. Konsep Dasar Paud. PT. Remaja Rosydakarya: Bandung. 2015.

Syarafuddin, 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cetakan 1. Jakarta: Ciputat Press.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Suyanta, I. W., & Sedana Suci, I. G. . (2024). MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DI TK NEGERI HINDU WIDYA KUMARA PAYANGAN GIANYAR: MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DI TK NEGERI HINDU WIDYA KUMARA PAYANGAN GIANYAR. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3649
Abstrak viewed = 26 times