OUTDOOR LEARNING: EDU FARM ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Nurhusna Kamil UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khalilah Narjis Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Faiqatuz Zahrah Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fadila Arnisa Harahap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3155

Kata Kunci:

Outdoor Learning; Edu Farm Activity; Kecerdasan Naturalistik; Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini akan mengkaji apakah edu farm dapat digunakan sebagai wadah dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini pada kelompok B di TK Islam Sungai Rumbai. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada sampel 12 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tahap observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berkontribusi bagi pendidik sebagai alternatif mewujudkan kecerdasan naturalistik anak usia dini dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sarana edukasi. Selain itu, dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwasanya kegiatan ini mampu meningkatkan kecerdasan anak dan membangun pengetahuan mereka melalui kegiatan menyenangkan dengan melibatkan kegiatan interaktif. Adapun kontribusi penelitian adalah memberikan opsi baru kepada pendidik dan peserta didik agar kedepannya pembelajaran seperti ini menjadi pertimbangan untuk kedepannya khususnya bagi lembaga PAUD.

 

Referensi

Al-Qatawneh, S. S., Alsalhi, N. R., Eltahir, M. E., & Siddig, O. A. (2021). The Representation of Multiple Intelligences in an Intermediate Arabic-Language Textbook and Teachers’ Awareness of Them in Jordanian Schools. Heliyon, 7(March 2020), e07004. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07004

Aladag, E., Arikan, A., & Ozenoglu, H. (2021). Nature education : Outdoor learning of map literacy skills and reflective thinking skill towards problem-solving. Thinking Skills and Creativity, 40(3). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100815

Armstrong, T. (2018). Multiple Intelligences in the Classroom (4 ed.).

Constantinescu, R.-S. (2014). The Theory of Multiple Intelligences- Applications in Mentoring Beginning Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3345–3349. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.761

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Firdausyi, A. N., Noormawanti, & Marlisa, L. (2022). Implemnetasi Kecerdasan Naturalis pada Anak dalam Tema Belajar “Aku Cinta Indonesia.” Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4, 69–75.

Gonzalez-Trevino, I. M., Nunez-Rocha, G. M., Valencia-Hernandez, J. M., & Arrona-Palacios, A. (2020). Assesment of Multiple Intelligences in Elementary School Students in Mexico: An Exploratory Study. Heliyon, 6(February). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03777

Gumitri, A., & Suryana, D. (2022). Stimulasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Life Science. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3391–3398. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2334

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Penerbit Pustaka Imu.

Kamil, N., & Hibana. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Outdoor Learning Menurut Teori Froebel pada Anak Usia Dini. Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial), 12(1), 12–16.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak melalui Metode Pembelajaran Outing Class pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31.

Monika, K., & Sari, Y. M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Jurnal Alamku. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 123–133.

Nurhayati, S., Oktopiyani, Y., Nawawi, M., Wahyuni, Y., Mardhotillah, Iqbal, M., Hendrawan, Y., Hendrias, Royani, I., Meidiati, A., Rochmah, O., Siregar, F., & Vidiati, C. (2022). Membangun Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Interaksi Wisata Kandang Sapi (Studi Kasus PAUD Nurul Hikmah Desa Tegalkarang Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan pengasuhan Anak, 3(2), 122–134.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Naturalis dan Sikap Peduli Sosial terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. International Journal of Educational Policies, 18, 97–107.

Rahman, I. F., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Metode Observation, Investigation dan Experiment dalam Materi Tumbuhan dan Hewan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 120–128.

Rahmiati, Israwati, Rahmi, Amri, A., & Amalia, D. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek di PAUD Ananda Riski Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 6(4), 38–48.

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2).

Wijaya, I. K. W. B., & Dewi, P. A. S. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan UNESCO. Jurnal IDEAS: Pendidikan, Sosial dan Budaya, 7(3), 97–100. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.449

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Kamil, N., Narjis, K. ., Zahrah, F. ., & Arnisa Harahap, F. . (2024). OUTDOOR LEARNING: EDU FARM ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 28–35. https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.3155
Abstrak viewed = 18 times