STEAM ANAK USIA DINI PADA PAUD IT INSAN CENDEKIA SURAKARTA

Penulis

  • Paulus Widjanarko Universitas Slamet Riyadi
  • Suharto
  • Oka Irmade
  • Eka Titi Andaryani

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3131

Kata Kunci:

Pelajaran Seni  , STEAM , AUD, John Dewey

Abstrak

Paud Insan Cendekia menggunakan metode STEAM yang mana dalam pembelajaran di PAUD Insan Cendikia menggunakan Sentra Musik dan Olah Tubuh, dalam Pijakan Saat Main dalam Musik dan Olah Tubuh. Setelah peserta didik cukup menggerakkan tubuh dengan aspek perkembangan yang telah di capai nya peserta didik-peserta didik masuk ke Permaianan musik , di sini peserta didik di kenalkan berbagai macam alat musik, sebagai contoh rebana mini , jimbe mini, marakas , xilofon, dan angklung. Peserta didik di ajak untuk memainkan musik sederhana dan megikuti ketukan yang di berikan pendidik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STEAM dapat diterapkan dalam pembelajaran seni. Guru dapat mengintegrasikan unsur-unsur STEAM melalui berbagai cara, seperti menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks pembelajaran, menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksperimen dan menemukan solusi sendiri.

Proses Pembelajaran seni dengan menggunakan metode STEAM dan Loosepart membuat peserta didik lebih tertarik dan lebih kreatif karena alat musik yang mereka mainkan itu menggunakan barang bekas dari lingkungan sekitar yang nantinya di jadiakan alat musik, dan peserta didik sangat senang sekali terhadap hal tersebut. PAUD IT Insan Cendekia Surakarta menerapkan pembelajaran yang bersinergi antara pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik bekerja sama dalam pembelajaran, termasuk dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik didik. Pendidik dan orang tua berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai baik kepada peserta didik.

Referensi

Aditya, S.E. & Akkas, M., 2021. Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM untuk Satuan PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ariyanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8(1). pp. 50-58

Brian Kisida, Daniel H. Bowen, and Jay P. Greene, “Cultivating Interest in Art: Causal Effects of Arts Exposure during Early Childhood,” Early Childhood Research Quarterly 45 (October 1, 2018): 197–203, https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2017.12.003.

Imamah, Zakiyatul, and Muqowim Muqowim. "Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part." Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak (2020): 263-278.

Jamalus, 1988. Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta : Depdikbud

Kisida, B., Bowen, D. H. & Greene, J. P. Cultivating interest in art: Causal effects of arts exposure during early childhood. Early Child. Res. Q. 45, 197–203 (2018).

Kim, J., Yu, H., & Kim, H. K. (2022). Effects of cumulative family risks on school readiness skills: A cross-cultural study between the U.S. and Korea. Early Childhood Research Quarterly, 61, 15–24. https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2022.05.002

Kristiana, D. Parents’ Roles in STEAM Learning in Early Childhood. 1st Int. Conf. Educ. Soc. … 581, (2021).

Krogh, S.L & Slentz, K. L. (2008). The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Lestari, Ami Dwi, M. Yusuf Setiawardana, and Ari Widyaningrum. "Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Nasional Di Sdn Rejosari 02 Semarang." Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An (2020): 49-â

Lindeman K., Jabot M, Berkley M. The Role of STEM (or STEAM) in the Early Childhood Setting" In Learning Across the Early Childhood Curriculum. Emeraldinsight. Published online 2013:iii.

Martin, Nussbaum Miguel, and Jorge Ortiz. 2020. Integrating Critical Thinking Into The Classsroom: A Teacher’s Prespective. Thinking Skills and Creativity. 37 (2). pp. 1-46. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100674

Mayer, D., & Beckh, K. (2016). Examining the validity of the ECERS-R: Results from the German National Study of Child Care in Early Childhood. Early Childhood Research Quarterly, 36, 415–426. https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2016.01.001

Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 101-121.

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran Inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1 mei).

Muqowin, & Imamah. Z. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Parts. YINYANG. Jurnal Studi Islam, Gender, dan anak. Vol.15, No.2 Juli 2020.https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Pekerti, Widia, dkk. 2014. Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan : Univrsitas Terbuka.

Qomariyah, Nurul, and Zahratul Qalbi. 2021. “Pemahaman Pendidik PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Penggunaan Media Loose Parts Di Desa Bukit Harapan.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 3(1)

Reza, A.M., dkk. 2018. Pengembangan Soft Skills Peserta Didik Melalui Integrasi Pendekatan Science. Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) Dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 8(2). pp. 42-51. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.082.05

Rianto, Vina Muthmainna. 2017. “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI JOHN DEWEY PADA MATERI TRIGONOMETRI.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 7: 12–26

Shabrina, E., & Lestariningrum, A. (2020). The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood Care and Education. https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1679

Sukohardi, AL, 1978. Teori Musik Umum. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Sun, H., dkk., 2022. Exploring the structure of students’ scientific higher order thinking in science education. Thinking Skills and Creativity. 43. (1). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.100999

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Teun J. 2020. Teaching Critical Thinking through Engagement With Multiplicity. Thinking Skilss and Creativity.37.pp.1-30. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100701

Wahyuseptiana, Yetty Isna, Dina Pertiwi Aje, and Paulus Widjanarko. "STEAM Approach To Improving Critical Thinking Skills In Early Children." (2022).

Widjanarko, Paulus. "Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal." PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 8.2 (2019)

Widjanarko S.Pd., M.Pd P. ART LEARNING FOR CHILDREN WITH DELAYED CHILDREN IN SLB MANUNGGAL SLAWI , TEGAL

Wilcox, M. J., Gray, S., & Reiser, M. (2020). Preschoolers with developmental speech and/or language impairment: Efficacy of the Teaching Early Literacy and Language (TELL) curriculum. Early Childhood Research Quarterly, 51, 124–143. https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2019.10.005

Yulianti. (2020). Loose Part Material Lengkap Otentik stimulasi PAUD. Bandung: PT Sarang Seratus Aks

Yusniar, N. (2021). Emotional Maturity in the Ability to Socialize Early Childhood Educators. International Journal of Social Science and Religion, 61–76. https://doi.org/10.53639/IJSSR.V2I1.26

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Widjanarko, P., Suharto, Oka Irmade, & Eka Titi Andaryani. (2023). STEAM ANAK USIA DINI PADA PAUD IT INSAN CENDEKIA SURAKARTA . PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 196–209. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3131
Abstrak viewed = 193 times